eprintid: 35761 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/57/61 datestamp: 2016-06-30 06:39:27 lastmod: 2019-10-01 11:50:24 status_changed: 2016-06-30 06:39:27 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Muhamad Fathurrahman, Muhamad Fathurrahman title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMK NEGERI 1 SEYEGAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SMK Negeri 1 Seyegan, Pembelajaran, Pengajaran abstract: Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktek lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan bobot 3 SKS. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu misi dari praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah penyiapan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional. Pelaksanaan kegiatan PPL dilaksanakan di SMK Negeri 1 Seyegan yang beralamat di Jalan Kebonagung Jamblangan Margomulyo Sleman dilaksanakan selama kurang lebih 1 (Satu) bulan dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 yang ditandai dengan penerjunan langsung ke sekolah oleh UPPL LPPMP melalui DPL PPL masing-masing. Selanjutnya diterima oleh Koordinator PPL Sekolah dan seluruh Ketua Paket Keahlian (KPK). PPL merupakan praktik belajar mengajar secara langsung di sekolah melalui pembagian kelas mengajar dan didampingi oleh guru pembimbing. Guru Pembimbing penyusun adalah Bapak Juremi, S.Pd., Kegiatan pelaksanaan PPL dibagi menjadi 3 (tiga) bagian pokok yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Pelaksanaan Pembelajaran, dan 3) Evaluasi Pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran diantaranya persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Persiapan Jadwal Mengajar, Persiapan Modul ajar, Bahan Evaluasi dan Media Pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas yang dilakukan seminggu sekali sesuai jadwal merupakan implementasi dari perencanaan yang telah dibuat. Hal-hal yang diperhatikan seperti penguasaan materi bahan ajar, media pembelajaran yang dipakai, penguasaan kelas, dan keteraturan dalam pelaksanaan praktikum yang memerlukan kedisiplinan dan profesionalitas. Evaluasi pembelajaran dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh peserta didik untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik dan keberhasilan dalam sistem pembelajaran. Program – program tersebut merupakan salah satu tugas sebagai seorang guru di sekolah sehingga mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan merasakan secara langsung bagaimana proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Harapannya mahasiswa tidak hanya terjun langsung ke hadapan siswa, tetapi juga belajar bagaimana cara memanajemen waktu, bersosialisasi dengan guru pembimbing dan guru lainnya, mematuhi peraturan yang berlaku di sekolah, dan hal-hal terkait di dalam kehidupan sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini sangat bermanfaat dan membantu siswa dalam pengembangan bakat menjadi seorang jiwa pendidik dan harapannya pihak penyenggara yaitu Universitas Negeri Yogyakarta dapat mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan di SMK Negeri 1 Seyegan, supaya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimasa mendatang akan lebih baik dan bermanfaat bagi semua pihak sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan itu sendiri. date: 2015 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Muhamad Fathurrahman, Muhamad Fathurrahman (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMK NEGERI 1 SEYEGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/35761/1/LAPORAN%20PPL%20P.T.%20OTOMOTIF.rar