TY - RPRT Y1 - 2015/// ID - UNY35753 PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta KW - PPL KW - SMK Negeri 1 Seyegan KW - Pembelajaran KW - Pengajaran TI - LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN M1 - project_report AV - public A1 - Atabik Sunanul Huda, Atabik Sunanul Huda UR - http://eprints.uny.ac.id/35753/ N2 - Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktek lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan bobot 3 SKS. Visi dari PPL adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu misi dari PPL adalah penyiapan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional. Pelaksanaan kegiatan PPL dilaksanakan di SMK Negeri 1 Seyegan yang beralamat di Jalan Kebonagung Jamblangan Margomulyo Sleman. Pelaksanaan kegiatan PPL selama 1 (satu) bulan dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 yang ditandai dengan penerjunan langsung ke sekolah oleh UPPL LPPMP melalui DPL PPL masing-masing. PPL merupakan praktik belajar mengajar secara terbimbing di sekolah melalui pembagian kelas mengajar dan didampingi oleh guru pembimbing. Guru Pembimbing penyusun adalah Bapak Prayitno, M.Pd. Kegiatan pelaksanaan PPL dibagi menjadi 3 (tiga) bagian pokok yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Pelaksanaan Pembelajaran, dan 3) Evaluasi Pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran diantaranya persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Persiapan Jadwal Mengajar, Persiapan Modul ajar, Bahan Evaluasi dan Media Pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas yang dilakukan seminggu sekali sesuai jadwal merupakan implementasi dari perencanaan yang telah dibuat. Hal-hal yang diperhatikan seperti penguasaan materi bahan ajar, media pembelajaran yang dipakai yaitu model, penguasaan kelas, dan keteraturan dalam pelaksanaan praktikum yang memerlukan kedisiplinan dan profesionalitas. Evaluasi pembelajaran dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh peserta didik untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik dan keberhasilan dalam sistem pembelajaran. Hasil kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas dan penguasaan kelas. Kegiatan PPL ini sangat bermanfaat dan membantu mahasiswa dalam pengembangan bakat menjadi seorang jiwa pendidik, selain itu mahasiswa mendapat pengalaman langsung membuat RPP dan mengaplikasikannya di kelas yang diampu sehingga rangkaian kegiatan dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dilalui sebagai pengalaman yang berharga. Pada pelaksanaan PPL ini tidak terlepas dari hambatan-hambatan, namun hambatan tersebut dapat teratasi dengan manajemen yang baik. ER -