TY - RPRT N2 - Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL adalah suatu kegiatan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa agar dapat lulus dari Universitas Negeri Yogyakarta. PPL bertujuan untuk memberi pengalaman pada mahasiswa tentang lapangan pekerjaan yang kelak akan dihadapinya sesuai dengan jurusan atau prodi yang diambil di Universitas. Pendidikan Luar Biasa adalah salah satu jurusan di UNY yang juga mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa jurusan PLB melakukan praktik pengalaman yang dilakukan langsung di sekolah-sekolah khusus yaitu salah satunya di SLB Negeri 1 Sleman. Praktik mengajar di SLB Negeri 1 Sleman sebanyak 6 kali mengajar yang dilakukan setiap seminggu 2 kali sesuai dengan jadwal yang telah disepakati antara mahasiswa dan guru pembimbing. Melakukan praktik di SLB Negeri 1 Sleman membutuhkan beberapa prosedur, yaitu pertama melakukan observasi terhadap siswa yang akan diberikan pembelajaran, kemudian menanyakan materi yang akan diajarkan, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, serta menyiapkan media yang tepat digunakan untuk anak. Pada intinya praktik pengalaman lapangan juga memberi kesempatan pada mahasiswa untuk belajar langsung di lapangan, termasuk pembelajaran menyusun dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran langsung dari guru yang terbiasa menghadapi anak-anak berkebutuhan khusus. Hasil dari kegiatan PPL selama 1 bulan yaitu pelaksanaan PPL berjalan dengan baik dan lancar, tanpa kendala yang berarti. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2015 ini tak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, khususnya guru pendamping lapangan, guru pembimbing, mahasiswa serta peserta didik SLB Negeri 1 Sleman. Y1 - 2015/// PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Nirmala, Nirmala TI - Laporan Individu Praktek Pengalaman Lapangan II (PPL II) Di SLB Negeri 1 Sleman AV - public KW - praktik pengalaman lapangan KW - sekolah khusus KW - rencana pelaksanaan Pembelajaran KW - hasil kegiatan M1 - project_report ID - UNY35731 UR - http://eprints.uny.ac.id/35731/ ER -