eprintid: 35707 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/57/07 datestamp: 2016-06-30 04:38:06 lastmod: 2019-10-02 00:31:24 status_changed: 2016-06-30 04:38:06 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Mashud, Ali title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) / MAGANG III DI SMP NEGERI 4 DEPOK SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014 / 2015 ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Mahasiswa, Mengajar, Real abstract: Penyelenggaraan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk kegiatan yang diselenggarakan oleh universitas melalui lembaga sekolah untuk melatih mahasiswa menerapkan ilmu yang diperolehnya untuk persiapan sebagai calon guru. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara real di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berlokasi di SMP Negeri 4 Depok yang beralamat di jalan Babarsari, Catur tunggal, Depok, Sleman. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berlangsung selama satu bulan, terhitung dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP 4 Depok, praktikan mengajar kelas VIII A, B, C dan D serta kelas IX A, B, C dan D. Materi yang diberikan cukup bervariasi, meliputi permainan bola basket, tolak peluru dan kesehatan untuk kelas VIII serta senam irama untuk kelas IX. Penyelenggaraan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mampu memberikan kesempatan yang sangat berarti. Selama penyelenggaran Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa berinteraksi langsung dengan semua komponen yang ada di sekolah secara real. Hasil yang diperoleh mahasiswa dari kegiatan PPL yaitu mendapatkan pengalaman real berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Selain itu, mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. date: 2015 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Mashud, Ali (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) / MAGANG III DI SMP NEGERI 4 DEPOK SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014 / 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/35707/1/LAPORAN%20KELOMPOK%20PPL%20LOKASI%20SMP%20N%204%20DEPOK.rar