eprintid: 35664 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/03/56/64 datestamp: 2016-06-30 03:12:14 lastmod: 2019-05-09 07:20:34 status_changed: 2016-06-30 03:12:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kurniawati, Rury title: Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournamen (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran PPKn Kelas VII SMPIT Abu Bakar Yogyakarta ispublished: pub subjects: D6 divisions: pps_pkn full_text_status: public keywords: Pembelajaran PPKn, Pembelajaran kooperatif tipe TGT, Hasil belajar, Persentase capaian KKM abstract: Peserta didik pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di kelas VII B SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta terlihat cenderung kurang antusias dan pasif dalam mengikuti pelajaran. Selama ini pelajaran PPKn dianggap sebagai pelajaran yang hanya mementingkan hafalan semata dan tidak diujikan dalam ujian nasional. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil dan ketuntasan belajar peserta didik di kelas tersebut yang rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas tersebut untuk meningkatkan hasil belajar dan persentase peserta didik dalam satu kelas yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Penelitian dilakukan pada kelas VII B SMPIT Abu Bakar Yogyakarta dalam 3 kali siklus pembelajaran yang meliputi 3 KD. Sebelum dan sesudah pelaksanaan penelitian dilakukan pretest dan post test untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik yang tercermin dalam capaian hasil belajar dan jumlah peserta didik yang mencapai KKM. Setelah proses penerapan selesai dilakukan analisis untuk mengetahui keberhasilan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam mengatasi persoalan di kelas VII B tersebut. Hasil penelitian didapatkan bahwa kelas VII B yang menerapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT memiliki rata-rata hasil belajar 82,31 pada siklus ke-1, 87,69 pada siklus ke-2 dan 83,85 pada siklus ke-3. Selain itu persentase peserta didik yang mencapai KKM pada kelas VII B juga mengalami peningkatan mencapai 80,77% pada siklus ke-1, 88,46% pada siklus ke-2, dan 88,46% pada siklus ke-3. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan hasil belajar dan persentase peserta didik Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang mencapai KKM date: 2016-06-30 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Kurniawati, Rury (2016) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournamen (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran PPKn Kelas VII SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/35664/1/tesis-rury-kurniawati-14705259004.swf