@techreport{UNY35648, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SLB YAPENAS}, author = {Rohmi Lestari Rohmi Lestari}, journal = {laporan ppl}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2015}, type = {Project Report}, keywords = {Praktik Pengalaman Lapangan, RPP, Mahasiswa}, url = {http://eprints.uny.ac.id/35648/}, abstract = {Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan merupakan suatu progam yang dirancang untuk melatih mahasiswa dalam mempraktikkan ilmu yang bersifat teoritis yang diperoleh dalam bangku perkuliahan. Kegiatan praktik pengalaman lapangan bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang dapat digunakan sebagai bekal menjadi pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kegiatan PPL dalam jurusan pendidikan luar biasa dibagi menjadi dua yaitu PPL I dan PPL II . Kegiatan PPL II merupakan hasil dari implementasi kegiatan PPL 1 yang sebelumnya meliputi kegiatan observasi dan asesmen kebutuhan dan potensi yang dimiliki siswa kemudian disusun sebuah Rencana Progam Pembelajaran (RPP) dan Rencana Pembelajaran Individual ( RPI ) dan Program Pembelajaran Individual (PPI). RPP dan RPI yang telah dibuat oleh mahasiswa diaplikasikan dalam praktik mengajar pada PPL II. Kegiatan PPL 2 dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa Yapenas pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015. Pengajaran pada kegiatan PPL ini dilaksanakan 8 kali pertemuan di kelas II SDLB. Metode yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi dan pemberian tugas. Sedangkan media yang digunakan media audio dan visual agar anak tertarik mengikuti pembelajaran. Dalam kegiatan pengajaran dikelas ada beberapa hambatan yaitu komunikasi yang dimiliki siswa sangat terbatas, siswa sering menangis tanpa sebab, dan konsentrasi siswa yang mudah teralihkan. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut membarikan nasehat kepada siswa agar tidak mennagis ketika pembelajaran, memberikan motivasi kepada siswa agar lebih semangat ketika proses pembelajaran. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapatkan pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan pendidikan khususnya disekolah. Adanya kerjasama, disiplin, tanggung jawab, dan semangat sangat mendukung terlaksananya kegiatan PPL. Teeselesainya kegiatan PPL ini diharapkan memberiakan wawasan kepada mahasiswa tentang tugas pendidik.} }