TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/35640/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan buku pengayaan materi biomolekul untuk peserta didik kelas XII, 2) mengetahui kualitas buku pengayaan materi biomolekul untuk SMA/MA berdasarkan kriteria standar mutu buku pengayaan pengetahuan dan 3) mengetahui apakah penggunaan buku pengayaan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan pengetahuan kimia dan kemandirian belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada 10 langkah utama yang dikembangkan oleh Borg & Gall, namun penelitian ini hanya melaksanakan langkah 1-7 (studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draft buku pengayaan dan validasi, uji terbatas, evaluasi dan revisi, uji coba lebih luas, evaluasi dan penyempurnaan). Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik SMA N 1 Sedayu dan sejumlah 40 orang dengan rincian: 10 peserta untuk uji coba terbatas dan 30 peserta didik untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, observasi, dan tes (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) buku pengayaan yang dikembangkan ditinjau dari variabel kualitas materi, kualitas penyajian, dan kualitas media menurut ahli, berkategori sangat baik; 2) respon peserta didik terhadap buku pengayaan yang dikembangkan berkategori baik; 3) pembelajaran dengan buku pengayaan yang dikembangkan dapat meningkatkan pengetahuan kimia dan kemandirian belajar peserta didik. M1 - tesis PB - UNY TI - Pengembangan Buku Pengayaan Materi Biomolekul sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Pengetahuan Kimia dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA/MA A1 - Nugraheni, Anggiyani Ratnaningtyas Eka AV - public KW - buku pengayaan KW - pengetahuan kimia KW - kemandirian belajar ID - UNY35640 Y1 - 2012/07/31/ ER -