@techreport{UNY35601, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {LAPORAN PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Shinta Dewanti Shinta Dewanti}, type = {Project Report}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 3 GODEAN}, year = {2015}, url = {http://eprints.uny.ac.id/35601/}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan yang memberikan pelatihan dan pengalaman belajar di dunia pendidikan, khususnya di sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan sangat bersifat aplikatif dan dilaksanakan guna menerapkan keterampilan kependidikan yang telah diperoleh di kampus untuk dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diantaranya untuk menghasilkan calon tenaga kependidikan dan pengajar yang profesional, berkarakter, dan mampu bersosialisasi dengan baik di dalam lingkungan sekolah dan masyarakat, sesuai dengan kompetensi yang di harapkan di dalam Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Godean meliputi kegiatan mengajar terbimbing di kelas dan praktik persekolahan. Kegiatan mengajar terbimbing di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015. Kegiatan mengajar terbimbing mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dilakukan di dua kelas IX yakni IX A dan IX C. Sementara itu, kegiatan praktik persekolahan dimaksudkan agar mahasiswa PPL mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar pembelajaran di kelas. Kegiatan di luar kelas meliputi, piket dan upacara. Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar sebanyak 4 kali pertemuan. Selama melaksanakan pembelajaran, tidak ditemui kendalam yang berat dan masih dapat dikendalikan dengan baik. Selain itu, mahasiswa juga selalu dipantau dan dibimbing dalam membuat perangkat/administrasi pembelajaran serta mengadakan evaluasi setelah selesai melaksanakan kegiatan mengajar. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan yang melipuri penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.}, keywords = {Praktik mengajar, Pendidikan Kewarganegaraan} }