TY - RPRT N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2014 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Gaamping telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 26 mahasiswa dari berbagai program studi yang berbeda di Universitas Negeri Yogyakarta. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di empat kelas, yaitu kelas X-A, X-B, X-C, dan X-D, untuk mata pelajaran Ekonomi. Dari keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 20 kali. Selama PPL, praktikan juga menyusun program-program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Secara umum, program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman aktual yang diperoleh dari kegiatan terpadu ini. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar sesunggunya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang ada serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Serangkaian kegiatan PPL UNY 2015 di SMA Negeri 1 Gamping memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa maupun bagi lembaga sekolah. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait. Y1 - 2015/// A1 - Deviani Ismandari, Deviani Ismandari PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta AV - public KW - Laporan KW - PPL KW - SMA N 1 Gamping TI - LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 GAMPING ID - UNY35574 M1 - project_report UR - http://eprints.uny.ac.id/35574/ ER -