%0 Report %9 Project Report %A Dedeh Widaningsih, Dedeh Widaningsih %D 2015 %F UNY:35573 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, Mahasiswa, Sejarah, SMA Negeri 1 Gamping. %T LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI DI SMA NEGERI 1 GAMPING %U http://eprints.uny.ac.id/35573/ %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Gamping telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 26 mahasiswa dari program Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jawa, Penddikan Matematika Internasinal, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, dan PJKR (Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi). Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas, yaitu kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 untuk mata pelajaran Sejarah semester gasal. Dari keseluruhan praktik mengajar, praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 8 kali dan ulangan harian 2 kali. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran dan materi mengajar. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMA Negeri 1 Gamping yang dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Praktikan melakukan praktek mengajar dikelas setiap hari Kamis jam ke-7 dan 8, hari Sabtu jam ke-5 dan 6. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Secara umum, program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.