%0 Thesis %9 S2 %A Surahman, Ence %B Program Pascasarjana %D 2016 %F UNY:35566 %I UNY %K adaptive learning, mobile learning, gaya belajar VAK, blended learning %T Pengembangan Adaptive Mobile Learning pada Mata Pelajaran Biologi SMA sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning %U http://eprints.uny.ac.id/35566/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk Adaptive Mobile Learning pada mata pelajaran Biologi SMA Kelas XI materi sistem saraf pada manusia yang memenuhi kriteria dan kelayakan menurut ahli materi, ahli media dan pengguna, 2) mengetahui kebermanfaatan produk melalui ketuntasan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran Adaptive Mobile Learning di SMAN 1 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah-langkah yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip. Desain pengembangan tersebut dikelompokan atas tiga tahap yakni perencanaan, perancangan dan pengembangan. Pada tahap perencanaan, dan pengembangan dilakukan ongoing evaluation hingga menjadi produk awal. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi (tes alfa), kemudian dilakukan revisi produk awal. Tahap berikutnya dilakukan tes beta 1 oleh beberapa calon pengguna, kemudian direvisi. Selanjutnya tes beta 2 yang dilakukan oleh 29 peserta didik sebagai pengguna. Setelah tes beta dilanjutkan dengan tes sumatif terhadap peserta didik pengguna. Jumlah peserta didik tes beta dan tes sumatif sebanyak 29 peserta didik berasal dari kelas XI IPA 3 sebagai sampel dari seluruh kelas XI IPA di SMAN 1 Depok Sleman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) produk Adaptive Mobile Learning pada mata pelajaran Biologi SMA kelas XI materi sistem saraf manusia yang dikembangkan dengan menggunakan software Adobe Flash CS 6 Action Script 3 dapat diinstal dan dioperasikan dengan lancar pada perangkat telfon pintar berbasis Android, dan telah memenuhi kriteria dan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi, ahli media dan peserta didik pengguna produk, kelayakannya mencapai rerata skor 3,35 dengan kategori “sangat baik”; (2) kebermanfaatan produk dibuktikan melalui perbedaan hasil tes akhir dan tes awal antara sesusah dan sebelum menggunakan produk Adaptive Mobile Learning dan terbukti mendukung proses blended learning