eprintid: 35552 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/55/52 datestamp: 2016-06-28 08:23:36 lastmod: 2019-10-01 11:53:15 status_changed: 2016-06-28 08:23:36 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Umardani, Umardani title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 3 KALASAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah suatu kegiatan untuk meningkatkan pengalaman dan keterampilan mahasiswa supaya dapat langsung merasakan dan menyelesaikan berbagai masalah maupun kendala yang seringkali muncul di lapangan terutama yang berkaitan dengan pendidikan dan proses pembelajaran di sebuah lembaga atau sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan. PPL merupakan sarana belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang harus dimiliki. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 di SMP Negeri 3 Kalasan yang terletak di Jl. Sidokerto, Kel. Purwomartani, Kec. Kalasan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mahasiswa praktikan bertugas untuk mempersiapkan keperluan atau perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi dengan di dibimbing oleh seorang guru pembimbing. Guru pembimbing memberikan kesempatan terhadap mahasiswa praktikan dalam mengelola kelas yang diampunya serta memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa praktikan. Dalam rangkaian kegiatan PPL telah dilaksanakan berbagai kegiatan. Program kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas, perencanaan meliputi konsultasi dengan guru pembimbing maupun DPL PPL, persiapan materi, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Penyusunan materi pembelajaran, penyusunan soal-soal ulangan, persiapan metode dan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMP Negeri 3 Kalasan ini dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari peran guru pembimbing dalam membimbing mahasiswa praktikan selama melaksanakan PPL, peran siswa selama kegiatan belajar mengajar (KBM). Melalui kegiatan PPL tersebut, mahasiswa praktikan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pengajaran praktik yang telah diperoleh selama di sekolah, khususnya pengalaman mengajar di kelas teori dan praktik dapat berguna di masa depan. date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Umardani, Umardani (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 3 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/35552/1/4.%20UMARDANI%20%2812201244047%29%20PBSI.pdf