eprintid: 35550 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/55/50 datestamp: 2016-06-28 08:16:35 lastmod: 2019-10-01 11:48:36 status_changed: 2016-06-28 08:16:35 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Handys Ivalludin, Handys Ivalludin title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) UNY 2015 LOKASI SMP N 3 KALASAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL ,UNY, SMP N 3 Kalasan abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan.Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 6 kali pertemuan. Dalam pelaksanaan PPL di SMP 3 Kalasan sudah memenuhi 6 kali Pertemuan dengan mengajar di 4 kelas yaitukelas VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah, metode stay and stray, picture and picture, dan berbasis proyek. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain alat praktikum serta LKS. ProgramPPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia. date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Handys Ivalludin, Handys Ivalludin (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) UNY 2015 LOKASI SMP N 3 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/35550/1/2.%20HANDYS%20IVALLUDIN%20%2812416244023%29%20Pend.%20IPS.pdf