%0 Thesis %9 S1 %A Dinni, Nur Fatma %B Fakultas Teknik %D 2016 %F UNY:35532 %I UNY %T SIMULATOR TRAFFIC LIGHT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PERAKITAN DAN PENGOPERASIAN SISTEM KENDALI DI SMKN 2 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/35532/ %X SIMULATOR TRAFFIC LIGHT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PERAKITAN DAN PENGOPERASIAN SISTEM KENDALI DI SMKN 2 YOGYAKARTA Oleh : Dinni Nur Fatma 08501241007 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji tingkat kelayakan media pembelajaran simulator traffic light, serta untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa kelas XII Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Yogyakarta pada mata pelajaran PPSK dengan penerapan media pembelajaran simulator traffict light dan media pembelajaran simulasi Zelio. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode R&D dan eksperimen. Sampel yang digunakan adalah kelas XII TITL4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XII TITL2 sebagai kelompok kontrol. Variabel dalam penelitian terdiri dari model pembelajaran sebagai variabel bebas serta minat dan belajar siswa sebagai variabel terikat, dan media pembelajaran sebagai variabel antara. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode Analisis data menggunakan deskriptif analisis dan t-test analisis dengan bantuan software SPSS 17. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil penilaian uji kelayakan media oleh materi 94%, ahli media 85%, dan pengguna 86%, dan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran, (2) Pengujian perbedaan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok sebesar 0,048 sehingga rata-rata hasil belajar kedua kelompok berbeda secara signifikan. Berdasarkan KKM, persentase kelulusan siswa kelompok eksperimen 60% sedangkan untuk kelompok kontrol 36%, (3) Pengujian perbedaan rata-rata minat belajar kelompok eksperimen kelompok kontrol sebesar 0,27 sehingga minat belajar kedua kelompok berbeda secara signifikan. Kata kunci : media pembelajaran, simulator traffic light