eprintid: 35511 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/55/11 datestamp: 2016-06-28 01:37:21 lastmod: 2019-10-01 11:47:59 status_changed: 2016-06-28 01:37:21 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Faisal Arbi Harsanto, Faisal Arbi Harsanto title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II (PPL II) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SD NEGERI PAKEM 1 ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: kurikulum, Tujuan PPL, SD NegeriPakem 1 abstract: Tujuandarikegiatan PPL adalahmenerapkan ilmu yang telah diperoleh dalam bangku kuliah, dimana para praktikan memperoleh dasar-dasar untuk mengajar. Tidak hanya itu, dengan adanya PPL dapat memberikanpengalamankepadamahasiswadalambidangpembelajaran di sekolahdalamrangkamelatihdanmengembangkankompetensikeguruanataukependidikan; memberikankesempatankepadamahasiswauntukmengenal, mempelajaridanmenghayatipermasalahansekolah yang terkaitdengan proses pembelajaran,meningkatkankemampuanmahasiswauntukmenerapkanilmupengetahuandanketerampilan yang telahdikuasai. Adapun program kegiatan PPL yang dilaksanakan di SD NegeriPakem 1 adalahmengajarmenjadi guru kelas dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015.Langkah yang dilakukandalamkegiatan PPL yaitumahasiswamelakukanobservasipembelajaran di kelas, konsultasikepada guru kelas, membuatRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP), sertamenyiapkan media yang sesuaidenganbahan ajar dankarakteristiksiswa. Praktikmengajardilaksanakan di kelasrendahdankelastinggi, yaknikelas 1, 2, 3, 4, dan 5.Untukmendukungpelaksanaankegiatan PPL, penyusunmengamati karakteristik siswa dari masing-masing kelas. Dengan mengetahui karakteristiknya, penyusun dapat memilih metode dan media pembelajaran yang tepat untuk diaplikasikan di kelas tersebut SD N Pakem 1 padatahunajaran 2015/ 2016mulaimenerapkankembali KurikulumTingkat Satuan Pendidikan(KTSP), sehinggapadakesempataninimahasiswadapatbelajar kembali tentang KTSP yang di perkuliahan sudah tidak dipelajari karena sudah diganti dengan kurikulum 2013. Mahasiswajugadapatberbagiilmukepada guru kelasmengenaipelaksanaanpembelajarandengan menggunakankurikulum 2013 yang kebanyakan guru masih kurang mengerti tentang kurikulum 2013. Dengan adanya PPL ini mahasiswa mendapatkan ilmu yang sesungguhnya untuk menjadi seorang guru yang profesional yang pada ilmu tersebut tidak didapat di perkuliahan. date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Faisal Arbi Harsanto, Faisal Arbi Harsanto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II (PPL II) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SD NEGERI PAKEM 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/35511/1/1.%20COVER.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/35511/2/2.%20ABSTRAK.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/35511/3/3.%20BAB%20I.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/35511/4/4.%20BAB%20II.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/35511/5/5.%20BAB%20III.docx