?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F35511%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+II+(PPL+II)%0D%0AUNIVERSITAS+NEGERI+YOGYAKARTA%0D%0A%0D%0ALOKASI+%3A%0D%0ASD+NEGERI+PAKEM+1&rft.creator=Faisal+Arbi+Harsanto%2C+Faisal+Arbi+Harsanto&rft.subject=LPPMP&rft.description=Tujuandarikegiatan+PPL+adalahmenerapkan+ilmu+yang+telah+diperoleh+dalam+bangku+kuliah%2C+dimana+para+praktikan+memperoleh+dasar-dasar+untuk+mengajar.+Tidak+hanya+itu%2C+dengan+adanya+PPL+dapat+memberikanpengalamankepadamahasiswadalambidangpembelajaran+di+sekolahdalamrangkamelatihdanmengembangkankompetensikeguruanataukependidikan%3B+memberikankesempatankepadamahasiswauntukmengenal%2C+mempelajaridanmenghayatipermasalahansekolah+yang+terkaitdengan+proses+pembelajaran%2Cmeningkatkankemampuanmahasiswauntukmenerapkanilmupengetahuandanketerampilan+yang+telahdikuasai.%0D%0AAdapun+program+kegiatan+PPL+yang+dilaksanakan+di+SD+NegeriPakem+1+adalahmengajarmenjadi+guru+kelas+dimulai+dari+tanggal+10+Agustus+2015+sampai+12+September+2015.Langkah+yang+dilakukandalamkegiatan+PPL+yaitumahasiswamelakukanobservasipembelajaran+di+kelas%2C+konsultasikepada+guru+kelas%2C+membuatRencanaPelaksanaanPembelajaran+(RPP)%2C+sertamenyiapkan+media+yang+sesuaidenganbahan+ajar+dankarakteristiksiswa.+Praktikmengajardilaksanakan+di+kelasrendahdankelastinggi%2C+yaknikelas+1%2C+2%2C+3%2C+4%2C+dan+5.Untukmendukungpelaksanaankegiatan+PPL%2C+penyusunmengamati+karakteristik+siswa+dari+masing-masing+kelas.+Dengan+mengetahui+karakteristiknya%2C+penyusun+dapat+memilih+metode+dan+media+pembelajaran+yang+tepat+untuk+diaplikasikan+di+kelas+tersebut%0D%0ASD+N+Pakem+1+padatahunajaran+2015%2F+2016mulaimenerapkankembali+KurikulumTingkat+Satuan+Pendidikan(KTSP)%2C+sehinggapadakesempataninimahasiswadapatbelajar+kembali+tentang+KTSP+yang+di+perkuliahan+sudah+tidak+dipelajari+karena+sudah+diganti+dengan+kurikulum+2013.+Mahasiswajugadapatberbagiilmukepada+guru+kelasmengenaipelaksanaanpembelajarandengan+menggunakankurikulum+2013+yang+kebanyakan+guru+masih+kurang+mengerti+tentang+kurikulum+2013.+Dengan+adanya+PPL+ini+mahasiswa+mendapatkan+ilmu+yang+sesungguhnya+untuk+menjadi+seorang+guru+yang+profesional+yang+pada+ilmu+tersebut+tidak+didapat+di+perkuliahan.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2015&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F35511%2F1%2F1.%2520COVER.docx&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F35511%2F2%2F2.%2520ABSTRAK.docx&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F35511%2F3%2F3.%2520BAB%2520I.docx&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F35511%2F4%2F4.%2520BAB%2520II.docx&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F35511%2F5%2F5.%2520BAB%2520III.docx&rft.identifier=++Faisal+Arbi+Harsanto%2C+Faisal+Arbi+Harsanto++(2015)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+II+(PPL+II)+UNIVERSITAS+NEGERI+YOGYAKARTA+LOKASI+%3A+SD+NEGERI+PAKEM+1.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++