@phdthesis{UNY35507, year = {2012}, school = {UNY}, title = {Keefektifan Pendekatan Kontekstual dan Discovery dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Yogyakarta Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis (Studi Eksperimen di SMP Negeri 13 Yogyakarta)}, author = {Trisniawati Trisniawati}, month = {September}, keywords = {pendekatan kontekstual, pendekatan discovery, pemecahan masalah matematis, komunikasi matematis}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis; 2) keefektifan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis; 3) keefektifan pendekatan discovery ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis; 4) keefektifan pendekatan discovery ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis; 5) perbandingan keefektifan antara pendekatan kontekstual dan pendekatan discovery ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis; 6) perbandingan keefektifan antara pendekatan kontekstual dan pendekatan discovery ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Yogyakarta. Dari empat kelas diambil secara acak dua kelas. Kelas VIII B diberi perlakuan dengan pendekatan kontekstual, sedangkan kelas VIII C diberi perlakuan dengan pendekatan discovery. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes uraian untuk kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Uji normalitas data menggunakan jarak Mahalonobis, kemudian dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan Box?s M test. Data dianalisis dengan menggunakan uji One Sampel T-test dan MANOVA Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis; 2) pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis; 3) pendekatan discovery efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis; 4) pendekatan discovery efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis; 5) pendekatan kontekstual lebih efektif daripada pendekatan discovery ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis; 6) pendekatan kontekstual lebih atau sama efektif daripada pendekatan discovery ditinjau dari komunikasi matematis siswa SMP Negeri 13 Yogyakarta.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/35507/} }