eprintid: 35499 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/54/99 datestamp: 2016-06-27 06:29:13 lastmod: 2019-10-01 11:50:32 status_changed: 2016-06-27 06:29:13 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Muhammad Rosyid, Muhammad Rosyid title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI DELEGAN 2 ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SD N Delegan 2, Program Kegiatan abstract: Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus 2015 memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kemampuan dan kompetensi dalam bidang pendidikan. Tujuan dari program PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, club, atau lembaga pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode wawancara, tanya jawab, praktik, observasi dan dokumentasi. Metode wawancara tanya jawab yang dilakukan yaitu dengan mewawancarai kepala SD N Delegan 2 mengenai letak sekolah, kondisi sekolah dan potensi sekolah. Sedangkan observasi yang dilakukan mengenai kondisi sekolah, lingkungan sekolah dan pembelajaran dalam kelas. Praktik yang dilakukan adalah praktik mengajar terbimbing dalam kelas. Selain itu juga dilakukan dokumentasi untuk setiap kegiatan. Program PPL ini berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Pelaksanaan program PPL di SD Negeri Delegan 2 berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa kendala diantaranya yaitu penguasaan kelas dan pengelolaan waktu. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Adapun program yang terlaksana yaitu meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak empat kali serta ujian praktik mengajar sebanyak dua kali. Pelaksanaan praktik mengajar mandiri dan ujian praktik meliputi tahap pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Muhammad Rosyid, Muhammad Rosyid (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI DELEGAN 2. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/35499/1/LAPORAN%20PPL%20MUHAMMAD%20ROSYID%20%2812108241184%29.pdf