%T Model Pembelajaran Gerak Dasar Lempar Cakram Berbasis Permainan dengan Modifikasi Alat Cakram %I UNY %D 2016 %L UNY35462 %K pendidikan jasmani, lempar cakram, modifikasi, permainan %A Abdullah Abdullah %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dasar lempar cakram berbasis permainan dengan alat yang dimodifikasi untuk pembelajaran gerak dasar lempar cakram yang efektif penggunaannya dalam pembelajaran penjaorskes untuk peserta didik SMP kelas VIII. Penelitian pendidikan dan pengembangan ini mengacu pada metode Zainal Arifin yang diadopsi dari metode Borg & Gall, kemudian diadaptasikan menjadi tujuh langkah yang saling berkaitan, yaitu: (1) pengumpulan informasi lapangan (2) analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba skala kecil dan revisi, (5) uji coba skala besar dan revisi, (6) uji operasional dan revisi dan uji efektivitas, dan (7) diseminasi dan implementasi penerbitan jurnal pada perguruan tinggi. Instrumen penilaian produk, yang meliputi: (1) penilaian kesesuaian materi pembelajaran, (2) penilaian keefektifan model permainan, (3) angket siswa untuk mengukur ranah kognitif dan ranah afektif oleh siswa dan pengamatan ranah psikomotorik dilakukan oleh guru penjasorkes. Validitas dan reabilitas data diperoleh dengan menggunakan hitungan content validity ratio (CVR). Uji produk menggunakan hitungan P = : N x 100% dengan standar penilaian acuan patokan (PAP), Uji keefektifan menggunakan program SPSS Statistik versi 21. Produk yang dikembangkan berupa model pembelajaran gerak dasar lempar cakram berbasis permainan dengan alat cakram modifikasi yang terbuat dari rotan, selang air, dan tali tambang yang mudah dibuat, murah, aman digunakan, dan efektif penggunaannya dalam pembelajaran gerak dasar lempar cakram. Terdapat enam model permainan, yaitu: (1) permainan lempar cakram modifikasi satu, (2) permainan lempar cakram modifikasi dua, (3) permainan mengelindingkan cakram berpasangan, (4) permainan lempar cakram melewati antara dua tali, (5) lempar cakram modifikasi ke sasaran keranjang basket, dan (6) lempar cakram kesasaran angka melewati atas tali. Model pembelajaran tersebut dapat dilakukan secara perorangan, berpasangan, dan berkelompok yang terintegrasi dapat meningkatkan tujuan pendidikan dan efektif meningkatkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik SMP kelas VIII, yang dimuat dalam CD (compaq disc) dan buku panduan pelaksanaan permainan