@techreport{UNY35433, journal = {LAPORAN PPL}, year = {2015}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN INDIVIDU LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DI SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA}, type = {Project Report}, author = {Noviana Dwi Rahayu Noviana Dwi Rahayu}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, keywords = {Praktek Pengalaman Lapangan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kurikulum}, url = {http://eprints.uny.ac.id/35433/}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 yang berlokasi di Sekolah Luar Biasa Karnnamanohara telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 10 mahasiswa yang semuanya berasal dari program pendidikan luar biasa. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar secara terbimbing di satu kelas. Praktik mengajar yang dilakukan sebanyak 10 kali. yang dilaksanakan di kelas dasar 2. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan diawali dari melakukan observasi, persiapan mengajar dan pelaksanaan. Pelaksanaan mengajar harus disertai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan oleh sekolah. Kurikulum yang digunakan oleh Sekolah Luar Biasa Karnnamanohara adalah Kurikulum 2013. Penilaian dan bimbingan praktik mengajar diberikan langsung oleh guru kelas dan guru pembimbing lapangan. Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini sangat memberikan manfaat bagi mahasiswa pada khususnya, dikarenakan mahasiswa mendapat pengalaman baru untuk mendidik dan memberikan pembelajaran secara langsung kepada anak berkebutuhan khusus, khususnya untuk anak tunarungu dengan metode pembelajaran Metode Mathernal Reflektif} }