TY - THES AV - public M1 - tesis Y1 - 2012/10/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pengaruh pendekatan pembelajaran open-ended terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis; 2) pengaruh direct instruction terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis; dan 3) bagaimana pengaruh pendekatan pembelajaran open-ended dibandingkan direct instruction terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gamping Sleman pada pembelajaran bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gamping Sleman tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari enam kelas. Dari populasi yang ada diambil dua kelas secara acak sebagai sampel. Kelas yang diperoleh adalah kelas VII E dan kelas VII F. Kelas VII F dikenai perlakuan berupa pendekatan pembelajaran open-ended dan VII E dikenai perlakuan dengan direct instruction. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis. Uji normalitas data menggunakan jarak Mahalonobis dan uji homogenitas menggunakan Box?s M test. Data dianalisis menggunakan one sample t test, uji MANOVA dengan rumus T2 Hotteling, dan uji t dengan kriteria Bonferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan pembelajaran open-ended berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis; 2) direct instruction tidak berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis; dan 3) pendekatan pembelajaran open-ended lebih berpengaruh dibandingkan direct instruction terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gamping Sleman pada pembelajaran bangun datar. KW - pendekatan pembelajaran open-ended KW - direct instruction KW - kemampuan komunikasi matematis KW - kemampuan pemecahan masalah matematis PB - UNY A1 - Untari, Reni TI - Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open-ended terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP ID - UNY35390 UR - http://eprints.uny.ac.id/35390/ ER -