%0 Thesis %9 S2 %A Nurhidayati, Ratri %B Program Pascasarjana %D 2012 %F UNY:35389 %I UNY %K pendekatan open-ended, pendekatan problem posing, kreativitas matematika, prestasi belajar matematika %T Perbandingan Keefektifan Pendekatan Open-ended dengan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Geometri ditinjau dari Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Wates %U http://eprints.uny.ac.id/35389/ %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keefektifan pendekatan pembelajaran open-ended dan problem posing pada materi pokok geometri ditinjau dari kreativitas dan prestasi belajar matematika siswa dan (2) mendeskripsikan pendekatan mana yang lebih efektif antara open-ended dan problem posing ditinjau dari kreativitas dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan dua kelompok eksperimen yaitu kelompok eksperimen pertama diberikan perlakuan berupa pendekatan open-ended dan kelompok eksperimen kedua diberikan perlakuan berupa pendekatan problem posing. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMA N 2 Wates tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 4 kelas. Dari 4 kelas tersebut diambil 2 kelas sampel dengan cara pengundian diperoleh kelas XC dan XD. Kemudian dari kelas XC dan XD dilakukan pengundian lagi untuk menentukan kelas mana yang diberi perlakuan pertama dan kelas mana yang diberi perlakuan kedua. Dari pengundian kedua diperoleh kelas XC dikenai perlakuan pertama dan kelas XD dikenai perlakuan kedua. Instrumen yang digunakan berupa tes kreativitas matematika dan tes prestasi belajar matematika pada materi pokok geometri. Untuk mengetahui keefektifan pendekatan pembelajaran open-ended dan problem posing pada masing-masing variabel, data dianalisis dengan one-sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Untuk mengetahui perbedaan keefektifan antara pendekatan open-ended dan problem posing dianalisis secara multivariat (MANOVA) dengan Hotelling’s Trace pada taraf 5%, dan uji t untuk menentukan pendekatan mana yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendekatan pembelajaran open-ended dan problem posing efektif ditinjau dari kreativitas dan prestasi belajar matematika pada materi pokok geometri siswa kelas X SMA Negeri 2 Wates tahun 2011/2012 dan (2) pendekatan pembelajaran open-ended lebih efektif daripada problem posing ditinjau dari prestasi belajar matematika, namun pendekatan pembelajaran open-ended tidak lebih efektif daripada problem posing ditinjau dari kreativitas matematika pada materi pokok geometri siswa kelas X SMA Negeri 2 Wates tahun 2011/2012.