%T Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP yang Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) %I UNY %D 2012 %K perangkat pembelajaran, matematika, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang sesuai dengan KTSP pada Standar Kompetensi (SK) “Memahami Konsep Segiempat dan Segitiga serta Menentukan Ukurannya” yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. yang dilakukan dengan 4 tahap utama yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) yang telah dimodifikasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi perangkat, lembar observasi, angket, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa data tentang kualitas produk yang dikembangkan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran pada Standar Kompetensi “Memahami Konsep Segiempat dan Segitiga serta Menentukan Ukurannya” yang valid, praktis, dan efektif (memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan peningkatan apresiasi terhadap matematika). Secara lebih rinci, perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran termasuk valid, praktis, dan efektif; sementara Lembar Kerja Siswa termasuk sangat valid, praktis, dan efektif. %A Niken Wahyu Utami %L UNY35352