<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,\r\nRELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI\r\nPADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN"^^ . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,\r\nRELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI\r\nPADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN\r\nOleh\r\nDesti Widiyana\r\nNIM. 09520244035\r\nABSTRAK\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran\r\nARIAS dan pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar KKPI\r\nsiswa kelas X di SMK Negeri 1 Pedan.\r\nMetode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Nonequivalent\r\nControl Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Pedan pada siswa\r\nkelas X menggunakan teknik purposive random sampling, diperoleh kelas XE\r\nsejumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sejumlah 38 siswa\r\nsebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan\r\nlembar observasi dan tes prestasi belajar. Tes terdiri dari 30 butir soal pilihan\r\nganda dan 5 butir soal uraian untuk kompetensi dasar mengoperasikan software\r\nspreadsheet, tes diadakan sebelum siswa memperoleh perlakuan (pretest) dan\r\nsesudah siswa memperoleh perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang\r\ndigunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata\r\nkelas eksperimen dan kelas kontrol.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas\r\ntidak berbeda secara signifikan dibuktikan dengan uji kesamaan dua rata-rata\r\npretest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,818 ≥ (sig) 0,05. Terdapat\r\nperbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi\r\nperlakuan berbeda dibuktikan dengan uji perbedaan dua rata-rata posttest\r\n(Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,001 < (sig) 0,05. Terdapat pengaruh\r\npeningkatan hasil belajar KKPI bagi siswa kelas X melalui penerapan model\r\npembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction)\r\ndibuktikan dengan uji Anova satu jalur gain diperoleh (sig) 0,020 < (sig) 0,05.\r\nKata kunci: Model pembelajaran ARIAS, hasil belajar, KKPI"^^ . "2016" . . . "UNY"^^ . . . "Fakultas Teknik, UNY"^^ . . . . . . . . . "Widiyana"^^ . "Desti"^^ . "Widiyana Desti"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,\r\nRELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI\r\nPADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN (Text)"^^ . . . "Desti Widiyana 09520244035 A.pdf"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,\r\nRELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI\r\nPADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,\r\nRELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI\r\nPADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,\r\nRELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI\r\nPADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,\r\nRELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI\r\nPADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,\r\nRELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)\r\nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI\r\nPADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #35334 \n\nPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, \nRELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) \nTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI \nPADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN\n\n" . "text/html" . . . "Teknologi Informasi"@en . .