eprintid: 35332 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/53/32 datestamp: 2016-06-24 01:37:24 lastmod: 2019-10-01 11:52:40 status_changed: 2016-06-24 01:37:24 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Siti Fadzillah, Siti Fadzillah title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014/2015 SMP N 1 TEMPEL ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: hasil, PPL, program, abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus Tahun Akademik 2014/2015 telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tempel selama kurang lebih 1 bulan sejak 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Sekolah yang menjadi tujuan PPL beralamat di Jl. Magelang Km 17 Ngebong, Margorejo, Tempel, Sleman Kode Pos 55552. Program PPL yang telah dilaksanakan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan program individu tersebut adalah memberikan perubahan proses pembelajaran yang aktif dan menarik, serta melatih keterampilan proses siswa dalam belajar Bahasa Jawa yang dapat memeberikan manfaat dan saling menguntungkan antara peserta didik dan mahasiswa PPL. Program individu utama meliputi praktik mengajar mata pelajaran bahasa jawa, dengan materi wayang, wangsalan, tembang, membaca cerkak, menulis cerkak dan diskusi cerkak. Dampak posistif bagi mahasiswa adalah menambah pengalaman mengajar dengan nyata, untuk peserta didik sendiri memperoleh pengetahuan baru dan belajar menggunakan metode baru. Kegiatan PPL juga dimulai dengan observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi program kepada pihak sekolah dan DPL dan pelaksanaan program yang direncanakan. Secara garis besar, program-program individu dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi kemajuan pribadi penyusun, siswa, guru dan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah untuk saat ini maupun di masa yang akan datang. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia. date: 2015 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Siti Fadzillah, Siti Fadzillah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014/2015 SMP N 1 TEMPEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/35332/1/Lyla_Laporan.pdf