@phdthesis{UNY35324, title = {PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN KELAS XI SEMESTER 2}, author = {Septeryana Dewi}, school = {UNY}, year = {2016}, url = {http://eprints.uny.ac.id/35324/}, abstract = {PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN KELAS XI SEMESTER 2 Oleh : Dewi Septeryana 09520244083 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dan media pembelajaran berbasis web terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan kelas XI Semester 2 di SMA Negeri 1 Prembun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Purposive Control- Group Pretest- Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Kelas yang diambil sebagai sampel adalah kelas XI.IA.1, XI.IA.2 dan XI.IA.3 SMA Negeri 1 Prembun. Kelas XI.IA.1 sebagai kelas kontrol diberi treatment menggunakan buku paket, kelas XI.IA.2 sebagai kelas eksperimen 1 diberi treatment menggunakan multimedia interaktif, dan kelas XI.IA.3 sebagai kelas eksperimen 2 diberi treatment menggunakan web. Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif. Pengambilan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis Anova dengan program SPSS 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan antara penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan media pembelajaran berbasis buku paket terhadap hasil belajar siswa (ditunjukkan dengan taraf signifikansi sebesar (0,003) {\ensuremath{<}} {\ensuremath{\alpha}}(0,05), ini berarti hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima), (2) terdapat perbedaan antara penggunaan media pembelajaran berbasis web dengan media pembelajaran berbasis buku paket terhadap hasil belajar siswa (ditunjukkan dengan taraf signifikansi sebesar (0,000) {\ensuremath{<}} {\ensuremath{\alpha}}(0,05), ini berarti bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima), dan (3) terdapat perbedaan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan media pembelajaran berbasis web terhadap hasil belajar siswa (ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0.015 {\ensuremath{<}} {\ensuremath{\alpha}} =(0,05), ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima). Kata kunci: hasil belajar kognitif, media pembelajaran, multimedia interaktif, web, buku paket} }