%0 Thesis %9 S1 %A Aprilia, Vera %A Supardi, %B Pendidikan IPS %D 2016 %F UNY:35311 %I FIS %T Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Scramble Di Kelas VIII D SMP Negeri 3 Depok %U http://eprints.uny.ac.id/35311/ %X Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) upaya meningkatkan minat dan hasil belajar IPS menggunakan metode Scramble di kelas VIII D SMP Negeri 3 Depok, (2) peningkatan minat dan hasil belajar IPS menggunakan metode Scramble di kelas VIII D SMP Negeri 3 Depok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK menggunakan model dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Depok berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru menjelaskan tujuan dan materi pembelajaran, guru membagikan lembar kerja yang di dalamnya sudah berisi pertanyaan, guru menampilkan jawaban acak melalui slide yang sudah diberikan waktu otomatis 1 menit tiap pertanyaan, jawaban acak diberikan huruf pengacau untuk menambah konsentrasi serta siswa harus mengerjakan semua soal secara mandiri, jawaban dikoreksi antar teman sebangku, guru memberikan penilaian dan memberikan reward kepada siswa yang memperoleh skor paling tinggi (2) Penggunaan metode Scramble dapat meningkatkan minat dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi, angket, dan wawancara menunjukkan peningkatan minat yang berdampak pada hasil belajar IPS. Peningkatan minat pada siklus 1 sebesar 68,11% menjadi 77,28% pada siklus II. Hasil belajar memiliki rata-rata sebesar 73,75 meningkat menjadi 79,52 pada siklus II. Penelitian ini dikatakan berhasil karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan sebesar ≥ 75. Kata kunci: Metode Scramble, Minat Belajar, Hasil Belajar IPS, dan SMP Negeri 3 Depok