@phdthesis{UNY35305, school = {UNY}, year = {2016}, month = {June}, author = {Maulida Yulianti and Marsigit Marsigit}, title = {PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI SMK BIDANG TEKNOLOGI}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas hasil pengembangan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis etnomatematika dengan pendekatan saintifik untuk pembelajaran matematika pada materi geometri SMK bidang teknologi. Ada tiga aspek kualitas yang diteliti yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X TL 3 dan guru mata pelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation dan evaluation. Penilaian kevalidan RPP dan LKS dilakukan oleh dosen ahli materi, ahli desain, dan guru mata pelajaran dengan mengisi instrumen validitas. Penilaian kepraktisan dilakukan oleh guru mata pelajaran dan peserta didik dengan mengisi angket respon. Penilaian keefektifan LKS dilakukan dengan analisis nilai sikap, keterampilan dan tes hasil belajar sedangkan keefektifan RPP dilakukan dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran RPP memiliki nilai kevalidan 3,73 dan LKS memiliki nilai kevaildan 3,91 (dengan maksimal 5). Kemudian perangkat pembelajaran juga mendapat skor 4,10 dalam segi kepraktisan, 54,17 persen dalam segi keefektifan LKS dan 79,68 persen untuk proses pembelajaran. Kata kunci: perangkat pembelajaran, etnomatematika, saintifik, geometri}, url = {http://eprints.uny.ac.id/35305/} }