@phdthesis{UNY35276, year = {2016}, school = {UNY}, title = {Dampak Perubahan Kebijakan Kelulusan Terhadap Pendidikan Menengah di Kota Bima-Nusa Tenggara Barat}, author = {Randitha Missouri}, month = {June}, keywords = {Kebijakan kelulusan, pendidikan menengah, dan mutu pendidikan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/35276/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dampak perubahan kebijakan kelulusan dalam meningkatkan persiapan sumber daya manusia, sarana dan prasarana, biaya, kegiatan monitoring dan evaluasi, serta tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi persiapan pelaksanaan ujian nasional dalam meningkatkan kualitas pendidikan menengah di Kota Bima. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis research of policy. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Keabsahan data diuji melalui dua model trianggulasi yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model interactive kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan kebijakan kelulusan tidak berdampak pada perkembangan kegiatan persiapan peserta didik pendidikan menengah negeri dan swasta di Kota Bima. Perubahan kebijakan kelulusan tidak berdampak pada peningkatan jumlah sarana dan prasarana pendidikan menengah swasta di Kota Bima. Perubahan kebijakan kelulusan tidak berdampak pada peningkatan biaya persiapan ujian nasional sekolah menengah negeri dan swasta di Kota Bima. Orangtua, peserta didik, dan pendidik sekolah negeri dan swasta merasakan dampak negatif yang sama dengan adanya perubahan kebijakan kelulusan. Dampak negatif perubahan kebijakan kelulusan adalah menurunnya motivasi orangtua memantau perkembangan anak, motivasi belajar peserta didik, dan motivasi mengajar pendidik. Dampak positif adalah menurunnya tingkat kecurangan saat pelaksanaan ujian nasional. Kepala sekolah sekolah negeri dan swasta dan dinas terkait melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi sebelum, saat, dan setelah pelaksanaan ujian nasional, namun tindak lanjut hasil kegiatan monitoring dan evaluasi belum mempengaruhi perkembangan kegiatan persiapan sumber daya manusia, jumlah sarana dan prasarana, dan biaya persiapan ujian nasional. Perubahan kebijakan kelulusan tidak berdampak pada peningkatan mutu pendidikan menengah di Kota Bima.} }