%I UNY %T Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bilingual untuk SMA Kelas X %D 2012 %L UNY35270 %K pengembangan, perangkat pembelajaran, matematika bilingual %A Mayang Gadih Ranti %X Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika bilingual yang berkualitas dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika bilingual dan mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran matematika bilingual yang dihasilkan. Kriteria kualitas yang digunakan mengacu pada kriteria Nieveen, yaitu valid, praktis dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah materi Trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development research). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika bilingual dengan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Dick & Carey. Tahap-tahap yang dilalui sampai diperoleh perangkat pembelajaran matematika bilingual yang valid, praktis dan efektif adalah analisis kebutuhan dan perumusan tujuan, desain/pengembangan produk, uji coba, revisi dan kajian produk akhir. Uji coba yang dilakukan meliputi ujicoba ahli/validasi ahli (expert judgement), uji coba kelompok kecil (small group try- out) dan uji coba lapangan (field try-out). Uji coba lapangan (field try-out) dilakukan pada tiga kelas X di SMAN 1 Martapura. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi dan keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika bilingual yang meliputi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang berkualitas dan layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing silabus, RPP dan LKS sangat valid, sangat praktis dan efektif.