relation: http://eprints.uny.ac.id/35264/ title: Pengembangan Instrumen Penilaian Practical Skills IPA Peserta Didik SMP creator: Kholidah, Lilik Nur subject: Ilmu Pengetahuan Alam description: Penelitian ini bertujuan mengungkapkan (1) kelayakan instrumen penilaian practical skills IPA peserta didik, dan (2) deskripsi penguasaan practical skills IPA peserta didik kelas VII E SMP N I Wonosari dan kelas VII E SMP N 1 Paliyan menggunakan instrumen penilaian practical skills IPA yang dikembangkan. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall (1983) yang dipadukan dengan model pengembangan instrumen oleh Mardapi (2012). Tahap pengembangan instrumen dalam penelitian ini meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba awal, (5) revisi produk utama, (6) uji lapangan utama, (7) revisi produk akhir, dan (8) diseminasi. Subjek uji coba awal adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Wonosari, SMP N 1 Karangmojo, dan SMP N 1 Paliyan Kabupaten Gunungkidul. Subjek uji coba lapangan yaitu peserta didik kelas VII E SMP N 1 Wonosari dan peserta didik kelas VII E SMP N 1 Paliyan. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes. Instrumen, yang telah divalidasi secara teori diujicobakan terhadap 269 peserta didik dari 3 SMP di Kabupaten Gunungkidul. Data dikotomus dianalisis menggunakan model Rasch dengan bantuan software winsteps 3.73. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Instrumen yang dikembangkan dikatakan valid secara teori, dan secara empirik terdapat 46 butir soal yang cocok atau fit dengan model Rasch; instrumen memiliki reliabilitas sebesar 0,96 yang berada pada kategori istimewa; nilai reliabilitas instrumen berdasarkan kurva SEM menunjukkan bahwa instrumen memiliki reliabilitas yang tinggi jika digunakan untuk mengukur peserta didik dengan abilitas di atas - 1,2 dalam skala logit; dan memiliki tingkat kesulitan butir antara -2,89 sampai 2,35. (2) Penguasaan practical skills IPA peserta didik SMP 1 Wonosari dan SMP 1 Paliyan berturut-turut mulai dari yang tertinggi adalah observational skills (23,77%), procedural and manipulative skills (22,42%), drawing skills (15,09%), serta reporting and interpretative skills (13,21%) date: 2016-06-30 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/35264/1/tesis-lilik-nur-kholidah-14708259011.swf identifier: Kholidah, Lilik Nur (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Practical Skills IPA Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.