%0 Thesis %9 S2 %A Lorensia, Marselina %B Program Pascasarjana %D 2012 %F UNY:35256 %I UNY %K model cooperative learning tipe TGT, model direct instruction, komunikasi matematis, motivasi belajar %T Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe TGT dan Direct Instruction terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP di Kecamatan Langke Rembong Tahun Ajaran 2011/2012 %U http://eprints.uny.ac.id/35256/ %X Penelitan ini bertujuan untuk menemukan apakah pembelajaran matematika dengan model cooperative learning tipe TGT dibandingkan dengan model direct instruction lebih berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa SMP di Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-postest nonequivalent control group. Penelitian ini menggunakan dua kelas kelas eskperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa sekolah menengah pertama di Kecamatan Langke Rembong. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampelnya adalah siswa kelas VIIA SMP Imaculata untuk model cooperative learning tipe TGT dan siswa kelas VIIE SMP Fransiskus Xaverius untuk model direct instruction. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket motivasi. Untuk menetahui tuntas atau tidaknya model pembelajaran cooperative learning tipe TGT dan direct instruction, data dianalisis secara univariat dengan statistic one sample t-test. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh antara kelompok model cooperative learning tipe TGT dan model direct instruction digunakan uji mancova yang sebelumnya diawali dengan uji manova terhadap data sebelum perlakuan. Untuk uji lanjut dilakukan uji T sampel independen untuk melihat variabel mana yang lebih berpengaruh positif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh model cooperative learning tipe TGT dan direct instruction pada kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa SMP di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Dari hasil uji lanjut diperoleh bahwa ternyata model cooperative learning tipe TGT lebih berpengaruh positif baik terhadap kemampuan komunikasi matematis maupun motivasi belajar matematika siswa SMP di Kecamatan Langke Rembong tahun ajaran 2011/2012.