%0 Thesis %9 S2 %A Apryliana, Agnes %B Program Pascasarjana %D 2016 %F UNY:35217 %I UNY %K Pendekatan proses, Pendekatan Genre, Menulis Karangan Argumentasi %T Keefektifan Pendekatan Proses dan Pendekatan Genre Terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa SMA Negeri Kelas X Di kabupaten Banyumas %U http://eprints.uny.ac.id/35217/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan keefaktifan dalam penggunaan pendekatan proses dan pendekatan genre, perbedaan keefektifan antara pendekatan proses, pendekatan genre, dan pedekatan konvensional pada kegiatan pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa SMA kelas X di Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain ekperimental yang digunakan adalah rendomized pre-tes-posttest control group design. Terdapat tiga kelompok dalam penelitian, yaitu dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel acak bertingkat. Metode pengambilan data dengan melakukan tes kemampuan menulis karangan argumentasi. Penelitian ini menggunakan lembar penilaian sebagai instrumen yang disertai rubrik penilain. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi yang dilanjutkan dengan konsultasi kepada ahli (expert judgement). Uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik konsistensi internal yang menerapkan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t dan teknik analisis varian (Anava) satu jalur yang dilanjutkan dengan uji scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan keefektifan pada penggunaan pendekatan proses dan pendekatan genre. Pendekatan genre lebih efektif dibandingan dengan pendekatan proses, dibuktikan dengan hasil uji beda. Hal ini membuktikan pendekatan genre lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan proses. (2) Ada perbedaan hasil uji beda yang signifikan antara pendekatan proses, pendekatan genre, dan pendekatan konvensional terhadap pembelajaran menulis karangan argumentasi. Dari hasil uji beda yang diterapkan menghasilkan pendekatan genre lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan proses dan pendekatan konvensional dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi.