@phdthesis{UNY35196, year = {2016}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {PENGEMBANGAN MODEL KOREOGRAFI ANAK UNTUK PEMBELAJARAN TARI DI SEKOLAH DASAR}, author = {Hafida Hafida Kholifatul Janah}, month = {June}, keywords = {model, koreografi anak, pembelajaran tari}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk model koreografi anak untuk pembelajaran tari di Sekolah Dasar dan mendeskripsikan proses pengembangannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R\&D). Prosedur pengembangan produk menggunakan prosedur pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari: 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal, 4) uji coba awal, 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan 7) revisi produk, dan 8) produk akhir. Setting penelitian adalah SD Negeri Cebongan, Sumberadi, Mlati, Sleman. Subjek penelitian ini adalah Supriyadi Hasto Nugroho, M.Sn sebagai ahli koreografi, Feri Catur S.Pd sebagai Implementator/guru dan siswa Sekolah Dasar kelas 4-6 SD Negeri Cebongan. Teknik Pengumpulan data yang dipergunakan adalah a) observasi, dan b) angket. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif. Kriteria kelayakan produk pada penelitian ini adalah produk dikatakan layak apabila skor hasil validasi dan keterterapan produk 71. Penelitian menghasilkan produk model koreografi anak dengan judul tari Kuntul Manis yang diperuntukkan bagi anak usia 10-12 tahun atau kelas 4-6 Sekolah Dasar. Produk tari tersebut disesuaikan dengan Kurikulum 2013 dengan mengeksplorasi dari lingkungan sekitar tempat tinggal peserta didik. Produk tersebut telah divalidasi oleh ahli koreografi dengan menghasilkan skor 84, implementator/guru dengan skor 84, artinya produk masuk dalam kategori layak. Tingkat keterterapan model pada objek sasaran adalah 93,1 artinya, produk tari Kuntul Manis dapat diterima dan ditarikan oleh anak usia Sekolah Dasar.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/35196/} }