TY - THES TI - Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional dan pedagogi guru untuk Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri Pilot Projek kota Yogyakarta PB - UNY A1 - Najib, Khotim Hanifudin AV - restricted Y1 - 2016/06/30/ KW - manajemen KW - pengembangan SDM KW - implementasi kurikulum 2013 ID - UNY35182 UR - http://eprints.uny.ac.id/35182/ M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan pola pengembangan kompetensi profesional dan pedagogi guru mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengarahan, pengendalian dan evaluasi serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambatnya di SMA Negeri Pilot Projek kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tradisi studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian Kurikulum, guru serta kepala Tata Usaha. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Peneliti sebagai instrumen penelitian memanfaatkan pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada analisis data model interaktif Miles & Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kompetensi pedagogik dan pengembangan profesional guru melalui beberapa kegiatan, yang: (1) perencanaan pengembangan kompetensi guru dimulai dengan meninjau peraturan menteri pendidikan nasional tentang kurikulum 2013. (2) pengorganisasian pengembangan kompetensi guru dilakukan oleh kepala sekolah dengan membentuk sebuah tim. (3) pelaksanaan dan pengarahan pengembangan kompetensi guru yang dalam bentuk workshop, pelatihan dan pengembangan, pendidikan dan pelatihan, In-House Training, MGMP, serta studi lebih lanjut. (4) kontrol dan evaluasi pengembangan kompetensi dilakukan dengan membandingkan hasil dari pelatihan dengan standar yang telah dibuat, dan untuk menentukan keberhasilan pelatihan, kepala sekolah melakukan monitoring dan supervisi. (5) Faktor pendukung pengembangan kompetensi pedagogik dan profesional guru adalah: pertama, keberadaan guru yang telah menjadi instruktur nasional pelaksanaan kurikulum 2013. Kedua, guru memiliki motivasi yang tinggi untuk mengikuti program pengembangan kurikulum ini. Ketiga, sekolah menyediakan anggaran untuk melaksanakan program pengembangan kompetensi guru. Sementara faktor penghambat program pengembangan adalah; pertama, peserta program tidak mendapatkan gaji. Kedua, masalah teknis seperti proyektor rusak, guru tidak bisa mengoperasikan laptop atau komputer dengan benar. Ketiga, waktu pelaksanaan agar tidak mengganggu mengajar dan kegiatan belajar di sekolah ER -