TY - THES AV - restricted KW - model permainan KW - ceria (cermat KW - kreatif KW - dan aktif) KW - passing KW - permainan bola voli TI - Pengembangan Model Pembelajaran CERIA (Cermat, Kreatif, dan Aktif) untuk Meningkatkan Hasil Keterampilan Passing dalam Bola Voli pada Siswa Sekolah Menengah Pertama M1 - tesis ID - UNY35169 UR - http://eprints.uny.ac.id/35169/ Y1 - 2016/06/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan CERIA (cermat, kreatif, dan aktif) agar dapat meningkatkan kemampuan passing atas dan passing bawah dalam bola voli pada siswa SMP. Model permainan yang dikembangkan berlandaskan aspek pendidikan jasmani yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor, diharapkan dapat digunakan oleh guru penjasorkes SMP sebagai referensi baru untuk mengajarkan teknik passing atas dan passing bawah melalui permainan CERIA. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah penelitian menurut Borg & Gall sebagai berikut : (1) pengumpulan data dilapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) pengembangan produk awal (draf model), (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba skala kecil dan revisi, (6) uji coba skala besar dan revisi, (7) pembuatan produk final, dan (8) uji efektifitas produk. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap siswa kelas VII SMP Negeri Seyegan sebanyak 32 siswa. Uji coba skala besar dilakukan terhadap siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Godean sebanyak 32 siswa, SMP Negeri 1 Mlati sebanyak 34 siswa, dan SMP Negeri 3 Mlati sebanyak 30 siswa. Untuk uji efektifitas dilaksanakan di SMP Negeri 2 Godean dengan menggunakan siswa sebanyak 30 siswa. Tahapan pengumpulan data menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara, lembar pengamatan, catatan hasil lapangan, skala nilai, tes hasil belajar dan tes hasil uji efektifitas. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan model permainan CERIA untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar passing atas dan passing bawah bola voli pada siswa SMP khususnya kelas VII memiliki lima jenis model permainan ceria, sebagai berikut: (1) permainan simpai ceria, (2) permainan genap ganjil ceria, (3) permainan siul ceria, (4) permainan tembak ceria, dan (5) permainan poin ceria. Melalui tahapan produk awal, uji coba skala kecil, uji coba skala besar, dan uji efektifitas, sehingga menghasilkan produk final berupa buku pedoman permainan ceria dan video permainan ceria. Terdapat hasil penilaian dari para ahli/pakar menyimpulkan bahwa model permainan ceria untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar passing atas dan passing bawah bola voli pada siswa SMP yang telah dikembangkan dan diuji cobakan dinyatakan layak/efektif untuk digunakan PB - UNY A1 - Herdiyana, Anisa ER -