@techreport{UNY35112, type = {Project Report}, year = {2015}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {laporan ppl}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL)}, author = {Arum Styarini Arum Styarini}, abstract = {Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan program yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa karena mampu memberikan life skills yang bermanfaat, antara lain pengalaman belajar, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan dalam bidang pengajaran, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab dan kemampuan memecahkan masalah. Program PPL ini dimulai dengan melakukan pemilihan sekolah, observasi, pembekalan dan pelaksanaan. Program PPL dilaksanakan selama satu bulan dari tanggal 10 Agustus- 12 September dengan 128 SKS. Kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan mengajar dan non mengajar. SMP Negeri 2 Tempel merupakan salah satu sekolah yang menjadi tempat praktik pengalaman lapangan yang berlokasi di Jalan Balangan, Barongan, Banyurejo, Tempel, Sleman. Masing-masing terdiri dari lima kelas untuk kelas VII, VIII, dan IX. Dalam hal ini, siswa merupakan sasaran kegiatan PPL. Adapun penilaian mencakup karakter siswa, minat belajar, serta hasil belajarnya. Berdasarkan hasil pengamatan kondisi yang telah dilaksanakan, mahasiswa PPL merumuskan dan merancang berbagai program yang akan dilaksanakan selama kegiatan PPL berlangsung. Program yang direncanakan berhasil dilaksanakan dengan baik. Ada berbagai indikator yang menunjukan keberhasilan pelaksanaan program PPL UNY Tahun 2015 di SMP Negeri 2 Tempel. Berbagai keberhasilan ini dikarenakan koordinasi yang baik antara sekolah dengan mahasiswa PPL UNY 2015 serta antar Mahasiswa PPL Pendidikan Bahasa Inggris UNY yang telah mengantarkan keterlaksanaan program PPL UNY 2015 di SMP Negeri 2 Tempel. Banyak manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan program-progam PPL yang telah dilakukan. Manfaat tersebut antara lain: Siswa menyadari bahwa ilmu itu ada di sekitar mereka dan bisa belajar secara kontekstual. Bertambahnya sumber atau referensi belajar dengan adanya pengadaan media pembelajaran yang beragam dan mampu meningkatkan minat belajar siswa dan konsentrasi belajar para siswa.}, keywords = {PPL UNY 2015, SMP Negeri 2 Tempel}, url = {http://eprints.uny.ac.id/35112/} }