@phdthesis{UNY35105, month = {June}, author = {Alit Rofiah}, title = {LAYANAN PEMBELAJARAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN OLEH GURU KELAS DI SD NEGERI BASIN KEBONARUM KABUPATEN KLATEN}, school = {PGSD}, year = {2016}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bagi siswa retardasi mental di kelas V SDNegeri Basin, Kebonarum, Klaten. Penelitian ini meliputi (1) penyampaian materi pelajaran, (2) penerapan metode pembelajaran, (3) penggunaan media pembelajaran, (4) pelaksanaan prinsip-prinsip pembelajaran, (5) hambatan yang dialami guru, (6) respon siswa selama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang guru yang mengampu pelajaran di kelas V. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan aktifitas terdiri dari langkah mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian mengetahui bahwa proses pelaksanaan pembelajaran bagi siswa tunagrahita terdiri dari (1) materi yang diberikan kepada siswa tunagrahita sama dengan materi yang diberikan kepada siswa reguler; (2) metode pembelajaran yang diterapkan sama dengan siswa lain yaitu ceramah yang divariasikan dengan metode tanya jawab, latihan soal, dan simulasi diterapkan secara klasikal yang disesuaikan dengan materi yang disampaikan, (3) media pembelajaran yang digunakan yaitu media pembelajaran yang sederhana, berupa media cetak seperti, Lembar Kerja Siswa, papersheet dan gambar; (4) prinsip umum maupun khusus pembelajaran bagi siswa tunagrahita telah terlaksana, akan tetapi prinsip individualisasi, prinsip pemecahan masalah, dan prinsip pendidikan berbasis kebutuhan individu tidak terlaksana (5) hambatan yang dialami guru selama pembelajaran antara lain, semua guru tidak mendapatkan pembekalan untuk mengajar siswa tunagrahita, waktu pendampingan yang kurang; (6) respon siswa tunagrahita selama pembelajaran kurang positif, siswa tunagrahita memperhatikan pembelajaran akan tetapi cenderung pasif dan kurang dapat berkonsentrasi pada pelajaran. Kata Kunci: pembelajaran, siswa tunagrahita}, url = {http://eprints.uny.ac.id/35105/} }