@phdthesis{UNY35098, year = {2012}, school = {UNY}, title = {Komparasi Pembelajaran Matematika SMA dengan Pendekatan Transactional Reading Strategy dan Writing to Learn ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika}, author = {Joko Sunarno}, month = {February}, keywords = {pembelajaran Transactional Reading Strategy, pembelajaran Writing to Learn, kemampuan pemecahan masalah}, url = {http://eprints.uny.ac.id/35098/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pendekatan pembelajaran Transactional Reading Strategy dengan keefektifan pendekatan pembelajaran Writing to Learn ditinjau dari aspek kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent comparison-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok Sleman dan siswa kelas X SMA Pangudi Luhur Yogyakarta. Dipilih secara acak satu kelas dari masing-masing sekolah untuk dijadikan sampel penelitian. Kemudian dari dua kelas yang terpilih, ditentukan secara acak kelas yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Transactional Reading Strategy dan kelas yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Writing to Learn. Untuk mengetahui efektif tidaknya pendekatan pembelajaran Transactional Reading Strategy dan pendekatan pembelajaran Writing to Learn pada tiap variabel, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t-test. Untuk membandingkan keefektifan pendekatan pembelajaran Transactional Reading Strategy dengan pendekatan pembelajaran Writing to Learn, data dianalisis secara multivariat. Analisis dilakukan dengan taraf signifikansi 5\%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan Transactional Reading Strategy efektif ditinjau dari aspek kemampuan pemahaman masalah, 2) pendekatan Transactional Reading Strategy efektif ditinjau dari aspek kemampuan perencanaan penyelesaian masalah, 3) pendekatan Transactional Reading Strategy efektif ditinjau dari aspek kemampuan penyelesaian masalah, 4) pendekatan Transactional Reading Strategy tidak efektif ditinjau dari aspek kemampuan pengujian hasil penyelesaian masalah, 5) pendekatan Writing to Learn efektif ditinjau dari aspek kemampuan pemahaman masalah, 6) pendekatan Writing to Learn efektif ditinjau dari aspek kemampuan perencanaan penyelesaian masalah, 7) pendekatan Writing to Learn efektif ditinjau dari aspek kemampuan penyelesaian masalah, 8) pendekatan Writing to Learn tidak efektif ditinjau dari aspek kemampuan pengujian hasil penyelesaian masalah, dan 9) tidak terdapat perbedaan keefektifan pendekatan Transactional Reading Strategy dan pendekatan Writing to Learn ditinjau dari aspek kemampuan pemecahan masalah matematika.} }