TY - THES Y1 - 2016/06/30/ N2 - Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk ELearning sebagai media belajar dengan menerapkan prinsip-prinsip efektivitas ELearning Ruth Clark di SMK Negeri 1 Bantul yang layak bagi peserta didik. Selain itu, produk E-Learning tersebut untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK Negeri 1 Bantul. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Langkah penelitian pengembangan yang ditempuh adalah penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan program, validasi ahli media dan ahli materi, uji coba tahap awal, revisi uji coba tahap awal, uji coba lapangan, revisi uji coba lapangan, uji lapangan dan revisi uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak 2 SMK Negeri 1 Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penilaian dari ahli media memperoleh rerata 4 termasuk kategori ?Baik?. Penilaian ahli materi diperoleh skor rerata 3,6 termasuk kategori ?Baik?. Pada uji coba lapangan awal diperoleh skor rerata 4,3 termasuk dalam kategori ?Sangat Baik?. Uji coba lapangan diperoleh skor rerata 4,5 termasuk dalam kategori ?Sangat Baik?. Uji Pelaksanaan lapangan diperoleh skor rerata 4,3 termasuk dalam kategori ?Sangat Baik?. Disimpulkan produk E-Learning sebagai media belajar dengan menerapkan prinsip-prinsip efektifitas E-Learning Ruth Clark di SMK Negeri 1 Bantul ?Layak? digunakan. PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Pambudi Atmojo, Alfi ID - UNY35080 M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA BELAJAR DENGAN MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP EFEKTIFITAS E-LEARNING RUTH CLARK DI SMK NEGERI 1 BANTUL AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/35080/ ER -