@phdthesis{UNY35078, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2016}, month = {May}, author = {Mirza Bashiruddin Ahmad}, title = {KRITIK IDEOLOGI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT LEARNING DI SEKOLAH DASAR NEGERI MONGGANG, BANTUL}, url = {http://eprints.uny.ac.id/35078/}, abstract = {Para praktisi pendidikan di Indonesia banyak yang tidak sadar bahwa mereka tengah berada dalam kontestasi ideologi melalui arena pendidikan. Peneliti ingin menelisik dan menyingkap tabir ideologis model pembelajaran direct learning di SDN Monggang, Bantul. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan implementasi direct learning, melacak modus operasi ideologi, persebaran bentuknya, derivasi ideologis, praktek dominatif dan hegemonik yang terdapat di dalam model pembelajaran direct learning. Penelitian yang dilakukan bersifat kualitatif deskriptif. Objek penelitian adalah proses pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa kelas 2 SDN Monggang, Bantul. Teknik penelitian berbentuk observasi non partisipasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik perekaman kamera dan suara serta depth interview kepada guru dan siswa. Analisis data menggunakan triangulasi data dan hipotesis kerja. Hasil penelitian memperlihatkan fakta bahwa direct learning yang dilaksanakan tanpa melakukan analisis karakteristik mata pelajaran dan jenis pengetahuan. Direct learning beroperasi pada modus teacher centered approach dengan menggunakan psikologi behaviorisme kaku yang menjadikan guru sebagai subjek pebelajar dan siswa sebagai objek belajar. Hegemoni kekuasaan di kelas sangat terasa dikuasai oleh guru yang dapat dilacak melalui teacher centered approach, dimana guru menjadi penguasa dan pemilik pengetahuan, sosok yang selalu menentukan citarasa dan rational choices siswa} }