<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan\r\nPendekatan Problem Posing dan Writing to Learn Mathematics Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendekripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing dan writing to learn mathematics ditinjau\r\ndari kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis, dan (2) membandingkan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing dibandingkan dengan writing to learn mathematics ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis.\r\nPenelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen.\r\nPopulasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Dari populasi yang ada ditentukan kelas VII-3 dan VII-B sebagai sampel. Kedua kelas sampel kemudian diacak untuk menentukan perlakuan pembelajaran. Didapatkan kelas VII-3 dikenai perlakuan dengan menggunakan pendekatan problem posing dan kelas VII-B dikenai perlakuan dengan menggunakan pendekatan writing to learn mathematics. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang masing-masing terdiri dari 5 butir soal. Untuk mengetahui keefektifan pendekatan problem posing dan pendekatan writing to learn mathematics pada masing-masing\r\nvariabel, data dianalisis dengan uji proporsi pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan pendekatan problem posing dan pendekatan writing to learn\r\nmathematics, data dianalisis secara multivariat dengan statistik uji T2 Hotelling pada taraf signifikansi 5% (0,05).\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing dan writing to learn mathematics efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis; dan 2)\r\npembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing lebih efektif dibanding pembelajaran matematika dengan pendekatan writing to learn mathematics ditinjau dari\r\nkemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis."^^ . "2012-08-31" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Hesti"^^ . "Noviyana"^^ . "Hesti Noviyana"^^ . . . . . . "Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan\r\nPendekatan Problem Posing dan Writing to Learn Mathematics Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta (Text)"^^ . . . "tesis-hesti-noviyana-10709251031.swf"^^ . . "HTML Summary of #35071 \n\nPerbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan \nPendekatan Problem Posing dan Writing to Learn Mathematics Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Menengah"@en . . . "Matematika"@en . .