<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Model Asesmen Diri untuk Kesadaran Sejarah (Momendikejar) di Perguruan Tinggi (Khusus untuk Mahasiswa Calon Guru Sejarah)"^^ . "Tujuan pengembangan Momendikejar antara lain: (1) menghasilkan produk Momendikejar yang valid, praktis dan efektif; (2) menguji konstruk instrumen asesmen diri untuk kesadaran sejarah-Adjar; (3) mengestimasi validitas dan reliabilitas instrumen Adjar; (4) mengukur tingkat kesadaran sejarah mahasiswa; (5) menginvestigasi kepraktisan dan keefektifan Momendikejar.\r\nPengembangan Momendikejar menerapkan metode riset dan pengembangan\r\nyang diadaptasi dari model Plomp. Prosedur pengembangan mencakup investigasi awal (studi literatur dan survai lapangan tentang Adjar), desain (merancang model konseptual Kejar), konstruksi (merakit instrumen dan panduan Adjar), uji coba secara teoritis untuk melihat validitas isi produk Momendikejar melalui telaah pakar (expert judgement), dan, tes, evaluasi, revisi (uji coba empiris produk Momendikejar) kepada mahasiswa dalam kelompok kecil, terbatas, dan diperluas untuk melihat validitas dan reliabilitas konstruk instrumen Adjar maupun model pengukurannya. Uji coba dilakukan di UNY dan UNP. Data diperoleh dari pakar dan mahasiswa calon guru sejarah dengan cara nontes, tes dan wawancara menggunakan lembar validasi, perangkat soal tes Adjar, dan skala penilaian Regulasi diri kesadaran sejarah (LariKejar). Teknik analisis data validitas isi menggunakan formula Aiken, sedangkan validitas konstruk dan uji kecocokan model pengukuran menggunakan analisis faktor konfirmatori dengan program dan LISREL 8.80. Analisis reliabilitas instrumen menggunakan reliabilitas komposit dan Alpha Cronbach. Analisis hasil Adjar, LariKejar, kepraktisan, dan keefektifan Momendikejar menggunakan teknik persentase dan rerata dengan program SPSS\r\n17.00 dan Microsoft Exel 2010\r\nHasil pengembangan produk Momendikejar berupa model konseptual Kejar, instrumen dan panduan Adjar terbukti valid, praktis dan efektif. Konstruk instrumen Adjar mencakup empat komponen, yakni PPS, PMPS, MPS dan GS. Validitas isi produk Momendikejar tergolong baik (rerata indeks validitas isi\r\n0,85). Validitas konstruk instrumen Adjar telah memenuhi syarat (nilai muatan\r\nfaktor > 0,3), berkisar 0,4 s.d 0,7. Reliabilitas model pengukuran Kejar tergolong baik dan dapat diterima (nilai CR berkisar 0,6 s.d 0,8). Uji kecocokan model menunjukkan bahwa model teoritis didukung oleh data empiris. Instrumen Adjar seri A memiliki p-value 0.10 (≥ 0,05), RMSEA 0,045 (≤ 0,08). Instrumen Adjar seri B memiliki p-value 0.11 (≥ 0,05), RMSEA 0,043(≤ 0,08). Rerata persentase tingkat Kejar mahasiswa 42% (rendah), rerata LariKejar 2.1 (jelek). Rerata persentase tingkat kesadaran sejarah mahasiswa UNY 43%, sedangkan mahasiswa UNP 40%. Tingkat kesadaran sejarah mahasiswa kedua kampus berada pada kategori rendah. Momendikejar menurut pakar dan mahasiswa sangat praktis dan sangat efektif (rerata 3.2)."^^ . "2016-06-30" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Aisiah"^^ . "Aisiah"^^ . "Aisiah Aisiah"^^ . . . . . . "Model Asesmen Diri untuk Kesadaran Sejarah (Momendikejar) di Perguruan Tinggi (Khusus untuk Mahasiswa Calon Guru Sejarah) (Text)"^^ . . . "Model Asesmen Diri untuk Kesadaran Sejarah (Momendikejar) di Perguruan Tinggi (Khusus untuk Mahasiswa Calon Guru Sejarah) (Other)"^^ . . . . . . "Model Asesmen Diri untuk Kesadaran Sejarah (Momendikejar) di Perguruan Tinggi (Khusus untuk Mahasiswa Calon Guru Sejarah) (Other)"^^ . . . . . . "Model Asesmen Diri untuk Kesadaran Sejarah (Momendikejar) di Perguruan Tinggi (Khusus untuk Mahasiswa Calon Guru Sejarah) (Other)"^^ . . . . . . "Model Asesmen Diri untuk Kesadaran Sejarah (Momendikejar) di Perguruan Tinggi (Khusus untuk Mahasiswa Calon Guru Sejarah) (Other)"^^ . . . . . . "Model Asesmen Diri untuk Kesadaran Sejarah (Momendikejar) di Perguruan Tinggi (Khusus untuk Mahasiswa Calon Guru Sejarah) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #35039 \n\nModel Asesmen Diri untuk Kesadaran Sejarah (Momendikejar) di Perguruan Tinggi (Khusus untuk Mahasiswa Calon Guru Sejarah)\n\n" . "text/html" . . . "Sejarah"@en . .