?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F34931%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(+PPL+)%0D%0ASMP+NEGERI+1+KOTA+MUNGKID&rft.creator=Luki+Ari+Winarno%2C+Luki+Ari+Winarno&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+salah+satu+mata+kuliah+yang%0D%0Awajib+ditempuh+oleh+setiap+mahasiswa+di+semua+jurusan+pendidikan+di+Universitas%0D%0ANegeri+Yogyakarta.+Kegiatan+ini+bertujuan+untuk+membekali+mahasiswa+agar%0D%0Amemiliki+kemampuan+berupa+ketrampilan+dalam+bidang+pembelajaran+dan+manajerial%0D%0Asekolah+atau+lembaga%2C+dalam+rangka+melatih+dan+mengembangkan+kompetensi%0D%0Akeguruan+atau+kependidikan.%0D%0AKegiatan+PPL+terbagi+dalam+beberapa+tahapan+yaitu+persiapan+mengajar+dan%0D%0Apelaksanaan+mengajar.+Tahap+persiapan+dimulai+dari+observasi.+Selanjutnya%0D%0Amahasiswa+menempuh+mata+kuliah+micro+teaching+di+kampus+yang+merupakan+mata%0D%0Akuliah+untuk+melatih+mahasiswa+dalam+mengajar.+Sebelum+mengajar%2C+mahasiswa+juga%0D%0Aharus+mempersiapkan+Rencana+Pelaksanaan+Pembelajaran+(RPP)+dan+media%0D%0Apembelajaran.+Pelaksanaankegiatan+PPL+dimulai+tanggal+10+Agustus+2015+sampai+12%0D%0ASeptember+2015.+Dalam+praktik+mengajar%2C+mahasiswa+diberi+kesempatan+untuk%0D%0Amengajar+di+kelas+VII+A%2C+VII+B%2C+VII+E+dan+kelas+VIII+D%2C+VIII+E+dan+VIII+F+dengan%0D%0Ajumlah+mengajar+sebanyak+28+kali+pertemuan%2Ctanpa+pengajaran+insidental.+Sehingga%0D%0Aselama+PPL+mahasiswa+telah+melakukan+pengajaran+sebanyak+28+kali+pertemuan.%0D%0AMelalui+program+PPL+ini+mahasiswa+dapat+memperoleh+banyak+manfaat%2C%0D%0Aantara+lain+%3A+(1)+program+PPL+memberikan+kesempatan+dalam+melakukan+pemantapan%0D%0Akemampuan+professional+Guru+%3B(2)+mendemonstrasikan+kompetensi+dalam%0D%0Amerencanakan%2C+melaksanakan+%3B(3)+melakukan+perbaikan+pembelajaran+yang%0D%0Aberorientasi+pada+pengembangan+potensi+peserta+didik+%3B(4)+mendalami+karakteristik%0D%0Apeserta+didik+dalam+rangka+memotivasi+belajarnya+%3B(5)+mengidentifikasi%0D%0Apermasalahan+pembelajaran+di+kelas+dan+mengatasi+permasalahan+pembelajaran%0D%0Atersebut+secara+individu+maupun+kelompok+%3B(6)+menerapkan+pembelajaran+inovatif+%3B%0D%0A(7)+wahana+melatih+bekerja+secara+tim.+Dari+pelaksanaan+kegiatan+PPL+dapat%0D%0Adisimpulkan%2C+bahwa+kegiatan+ini+dapat+memberikan+pengalaman+kepada+mahasiswa%0D%0Adalam+pengembangan+kompetensi+di+bidang+pendidikan%2C+memberikan+kesempatan%0D%0Akepada+mahasiswa+untuk+belajar+dan+mengenal+segala+permasalahan+di+sekolah+yang%0D%0Aterkait+dengan+proses+pembelajaran%2C+memberikan+kesempatan+kepada+mahasiswa%0D%0Auntuk+menerapkan+ilmu%2C+pengetahuan%2C+dan+ketrampilan+yang+telah+dipelajari+dalam%0D%0Akehidupan+nyata+di+sekolah%2C+serta+dapat+meningkatkan+hubungan+kemitraan+yang+baik%0D%0Aantara+UNY+dengan+sekolah+yang+terkait.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2015&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F34931%2F1%2F6.%2520LUKI%2520ARI%2520WINARNO.pdf&rft.identifier=++Luki+Ari+Winarno%2C+Luki+Ari+Winarno++(2015)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(+PPL+)+SMP+NEGERI+1+KOTA+MUNGKID.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++