%0 Thesis %9 S2 %A Isbianti, Pandit %B Program Pascasarjana %D 2016 %F UNY:34893 %I UNY %K kepemimpinan, kepemimpinan guru, kelas khusus olahraga %T Kepemimpinan Guru pada Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMAN 1 Sewon Bantul %U http://eprints.uny.ac.id/34893/ %X Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui perilaku kepemimpinan guru yang diterapkan di KKO SMAN 1 Sewon Bantul, (2) mengidentifikasi perilaku kepemimpinan guru yang efektif diterapkan, serta (3) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yang dilakukan pada KKO SMAN 1 Sewon Bantul. Sumber data penelitian ini terdiri atas: kepala sekolah, guru pengajar KKO, koordinator KKO dan siswa KKO. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan observasi. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh dengan uji kredibilitas melalui pengamatan berulang serta triangulasi sumber dan teknik, dengan menggunakan pedoman wawancara dan pengamatan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perilaku kepemimpinan guru yang diterapkan di KKO SMAN 1 Sewon Bantul terdiri atas penggunaan keahlian profesional dalam mengajar, pendesainan kurikulum, pengembangan profesional, kolaborasi, kemitraan, memelihara budaya sukses, dan menghadapi rintangan budaya dan struktur sekolah, 2) hampir semua perilaku kepemimpinan guru yang diterapkan efektif dilakukan. Adapun perilaku kepemimpinan yang tidak efektif meliputi: pemberian peringatan atau teguran secara langsung, tidak memberikan nilai tugas kepada siswa, bersikap situasional untuk mewujudkan suasana kelas yang kondusif, menyamakan persepsi tentang pencapaian yang diinginkan, mengingatkan siswa untuk mempelajari materi yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya, memberikan informasi terkait dengan kesempatan pengembangan profesional guru, mendorong guru untuk melakukan penelitian, koordinasi dengan orangtua, dan menanamkan pada siswa akan pentingnya bahasa inggris, 3) faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan guru meliputi: faktor internal dan faktor eksternal. Faktor-faktor internal tersebut terdiri atas: (a) panggilan jiwa/naluri, (b) idealisme guru, (c) harapan/ekspektasi terhadap siswa, (d) harapan/ekspektasi terhadap situasi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, (e) kemampuan guru, (f) keterampilan guru, (g) insting guru, (h) hasrat/passion guru, (i) keinginan untuk mengembangkan diri, (j) rasa memiliki terhadap sekolah, dan (k) komitmen guru. Faktor-faktor eksternal tersebut terdiri atas: (a) tugas keprofesian guru, (b) kepala sekolah, (c) guru senior, (d) siswa, (e) kesempatan pengembangan profesional, (f) norma masyarakat dan nilai bersama, (g) bahan-bahan kurikulum, (h) sumber-sumber kemampuan guru, (i) kreatifitas guru, (j) biaya, (k) kemampuan kolaborator, dan (l) keterlibatan orangtua