?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F34871%2F&rft.title=LAPORAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)%0D%0ADI+SMK+N+4+YOGYAKARTA&rft.creator=Anggit+Anggraini%2C+Anggit+Anggraini&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+perpaduan+kegiatan+yang%0D%0Abertujuan+untuk+1)+mengembangkan+potensi+mahasiswa+sebagai+calon+pendidik+dan%0D%0Atenaga+kependidikan%2C+2)+mengembangkan+potensi+mahasiswa+dalam+pembelajaran%0D%0Ateori%2C+3)+mengembangkan+potensi+mahasiswa+dalam+pembelajaran+praktik%2C+4)%0D%0Amengembangkan+potens+mahasiswa+dalam+membuat+perangkat+pembelajaran+yang%0D%0Aberupa+Rencana+Pelaksanaan+Pembelajaran+(RPP)%2C+Lembar+Kerja+Siswa+(LKS)%2C%0D%0AHandout%2C+jobsheet%2C+dan+evaluasi.+Penempatan+mahasiswa+di+lokasi+PPL+diharapkan%0D%0Amampu+memotivasi+mahasiswa+dan+sekolah+dalam+usaha+mengembangkan+segala%0D%0Apotensi+yang+dimilikinya+dan+mengenal+situasi+ketika+nantinya+mahasiswa+terjun%0D%0Adalam+dunia+kerja+yang+nyata.%0D%0AKegiatan+Praktik+Pengalaman+Lapangan+meliputi+pra+PPL+dan+PPL.+Kegiatan%0D%0APra+PPL+meliputi+%3A+sosialisasi%2C+koordinasi%2C+observasi+potensi+pengembangan+sekolah%2C%0D%0Aobservasi+proses+pembelajaran+dan+kegiatan+manejerial%2C+identifikasi+dan+inventarisasi%0D%0Apermasalahan%2C+penentuan+progam+kerja+dan+penyusunan+proposal+kegiatan%2C+diskusi%0D%0Adengan+guru+dan+dosen+pembimbing.+Persiapan+PPL+yang+dilaksanakan+di+SMK+N+4%0D%0AYogyakarta+dimulai+dengan+pembekalan+PPL%2C+micro+teaching+dan+observasi+langsung%0D%0Adi+SMK+N+4+Yogyakarta.+Progam+PPL+meliputi+penyusunan+RPP%2C+menyiapkan+materi%0D%0Abahan+ajar%2C+pembuatan+media+pembelajaran+sampai+dengan+evaluasi+pembelajaran.%0D%0AKegiatan+yang+dilakukan+dalam+PPL+adalah+praktik+mengajar+terbimbing+pada%0D%0Aprogam+keahlian+Tata+Busana.+Pembelajaran+yang+dilakukan+menggunakan+metode%0D%0Aceramah%2C+demonstrasi%2C+diskusi%2C+dan+tanya+jawab+dengan+tambahan+penggunaan+media%2C%0D%0Aserta+evaluasi.+Pelaksanaan+PPL+dimulai+tanggal+10+Agustus+2015+sampai+dengan+12%0D%0ASeptember+2015.%0D%0APelaksanaan+PPL+dilaksanakan+di+SMK+N+4+Yogyakarta+selama+1+bulan%0D%0Amendapatkan+hasil+observasi+potensi+pengembangan+sekolah+yaang+sudah+cukup%0D%0Amemadai%2C+observasi+proses+pembelajaran+kelas+X+pada+mata+pelajaran+dasar+pola%0D%0Amenggunakan+kurikulum+2013.+Mahasiswa+berkesempatan+untuk+melakukan+praktik%0D%0Amengajar+terbimbing+siswa+kelas+X+Tata+Busana+2+pada+mata+pelajaran+Dasar+Pola%0D%0Adan+XII+Tata+Busana+4+pada+mata+pelajaran+Pembuatan+Hiasan+Busana%2C+Pembuatan%0D%0ABusana+dan+Pembuatan+Pola.+Sebelum+mahasiswa+melaksanakan+praktik+mengajar%0D%0Aterbimbing+mahasiswa+menyiapkan+Rencana+Pelaksanaan+Pembelajaran+(RPP)+sesuai%0D%0Adengan+silabus%2C+materi+yang+akan+disampaikan+dalam+bentuk+handout%2Fjobsheet%2C+dan%0D%0Amedia+pembelajaran+berupa+power+point+yang+dikonsultasikan+terlebih+dahulu+pada%0D%0Aguru+pembimbing.+Mahasiswa+melaksanakan+pengajaran+busana+selama+lima+minggu%2C%0D%0Adengan+jadwal+mengajar+Rabu+12+Agustus+2015+7+jam+pelajaran+dan+Jum%E2%80%99at+21%0D%0AAgustus+2015+6+jam+pelajaran+materi+Pembuatan+Macam-Macam+Tusuk+Dasar+Hiasan%0D%0ABusana%2C+Senin+24+Agustus+2015+5+jam+pelajaran+materi+titik+dan+garis+tubuh+manusia%2C%0D%0ASenin+31+Agustus+2015+5+jam+pelajaran+materi+Teknik+Mengambil+Ukuran+Tubuh%2C%0D%0ARabu+2+September+2015+10+jam+pelajaran+materi+Teknik+Merancang+Bahan+Busana%0D%0APesta%2C+Selasa+8+September+2015+6+jam+pelajaran+materi+Menyetrika+Busana+Pesta.%0D%0AMahasiswa+melakukan+pendampingan+mengajar+setiap+hari+Senin%2C+Selasa%2C+Rabu+dan%0D%0AJum%E2%80%99at.+Kegiatan+lain+yang+dilakukan+adalah+piket+setiap+hari+Sabtu%2C+upacara+bendera%2C%0D%0Aupacara+hari+Kemerdekaan+RI%2C+menata+almari+display+serta+berpartisipasi+dalam%0D%0Apersiapan+Karnaval+JFW+2015+yang+diikuti+oleh+SMK+Negeri+4+Yogyakarta.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2015&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F34871%2F1%2F1.%2520COVER.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F34871%2F2%2F2.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F34871%2F3%2F3.%2520BAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F34871%2F4%2F4.%2520BAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F34871%2F5%2F5.%2520BAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F34871%2F6%2F6.%2520DAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Anggit+Anggraini%2C+Anggit+Anggraini++(2015)+LAPORAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+DI+SMK+N+4+YOGYAKARTA.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++