eprintid: 34862 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/48/62 datestamp: 2016-06-16 03:47:24 lastmod: 2019-10-01 11:46:41 status_changed: 2016-06-16 03:47:24 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Batista Ghalegazia, Batista Ghalegazia title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 4 YOGYAKAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, Boga Dasar, Pengetahuan Bahan Makanan abstract: Tujuan dilaksanaakannya PPL: 1) memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang kegiatan mengajar di SMK Negeri 4 Yogyakarta dalam rangka melatih, mengembangkan kompetensi keguruan. 2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa unutk mengenal, mempelajari, menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, dan memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran. 3) Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai selama kuliah secara menyeluruh ke dalam pembelajaran di sekolah. Dalam pelaksanaan PPL ada beberapa metode atau alur yang harus diikuti yaitu 1) Pengajaran Mikro, 2) Pembekalan PPL, 3) Pelaksanaan PPL, 4) Evaluasi PPL. Selama pelaksanaan PPL ada tahap sebelum hingga selesai seperti Observasi di SMK Negeri 4 Yogyakarta, Rencana Program Kegiatan, Konsultasi Program, Penetapan Program, Pelaksanaan Program hingga Pembuatan Laporan PPL. Pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Yogyakarta selama 5 minggu dapat diperoleh hasil sebagai berikut 1) Mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar baik teori maupun praktik guna memenuhi kompetensi keguruan yang berupa mengajar teori dan praktik di kelas X Boga 1, X Boga 2 dan X Boga 3 dengan mata pelajaran Boga dasar secara pararel tiga kelas dan Pengetahuan Bahan Makanan satu kelas. 2) Mahasiswa dapat mengenal, mempelajari, menghayati, dan memberikan solusi terkait dengan proses pembelajaran. 3) Mahasiswa mengalami peningkatan dalam penerapan ilmu dan keterampilan yang mungkin sebelum PPL masih dirasa kurang. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013. Selama pelaksanaan PPL telah terlaksana 5 kali pertemuan setiap minggunya dengan pararel tiga kelas dengan 2 kali teori dan 1 kali praktik setiap RPP untuk mata pelajaran Boga dasar dan 5 kali teori pada mata pelajaran Pengetahuan bahan makanan. Pencapaian evaluasi pembelajaran rata-rata mendapat predikat Baik dari ranah Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap. Secara umum pelaksanaan PPL berjalan lancar sesuai harapan, apabila ada hambatan bukan masalah yang berarti. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Batista Ghalegazia, Batista Ghalegazia (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 4 YOGYAKAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/34862/1/coverr.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/34862/2/Halaman%20judul%2Chalaman%20pengesahan%2Ckata%20pengantar%2Cdaftar%20%20isi%2Cdaftar%20tabel%2Cabstrak.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/34862/3/bab%201-3%20isi%20laporan%20ppl.pdf