eprintid: 34838 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/48/38 datestamp: 2016-06-16 02:23:49 lastmod: 2019-10-01 11:47:38 status_changed: 2016-06-16 02:23:49 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: EVIWULANSARI, EVIWULANSARI title: APORAN KEGIATAN PPL LOKASI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Sekolah Inklusi, Pelatihan Guru, PPDB dan Putus Sekolah abstract: Program PPL bertujuan untuk menjadikan mahasiswa siap menghadapi tantangan dunia kerja, dan memberikan pengalaman serta mempraktekkan ilmu yang selama ini diperoleh ke dalam dunia yang lebih kongkret yaitu dunia kerja. Dalam PPL ini mahasiswa dituntut untuk melaksanakan kewajibannya sesuai dengan bidang studinya. Penelitian dengan judul evaluasi program fasilitasi sekolah inklusi melalui pelatihan guru ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi pelatihan guru tentang sekolah inklusi di Dinas Kota Yogyakarta dan tugas mencari data di sekolah yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta kepada Mahasiswa PPL(tugas kelompok). Metode yang digunakan dalam menganalisis tugas tersebuta yaitu dengan metode studi dokumen, deskriptif kuantitatif dengan teknik prosentase, sedangkan penelitian tentang evaluasi program fasilitasi sekolah inklusi yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan angket. Jenis angket yang digunakan yada tia macam, yang pertama untuk mengukur reaksi peserta pelatihan, yang kedua untuk mengukur aspek kognitif, dan yang terakhir adalah aspek afektif. Hasil analisis penelitian terhadap PPDB se-Kota Yogyakarta diperoleh kesimpulan sebagai berikut, data peserta didik dari SMP, SMA dan SMK di Kota Yogyakarta yaitu banyaknya peserta didik yang berasal dari dalam kota, meskipun masih ada juga beberapa peserta didik yang berasal dari luar kota, sebagian dari mereka adalah pemegang C1 dan ada yang berstatus family lai. Hasil penelitian evaluasi program fasilitasi sekolah inklusi yaitu sebagai berikut, hasil dari menganalisis data aspek reaksi yang diperoleh melalui angket dapat disimpulkan bahwa sebagian besar peserta pelatihan merasa pelatihan tersebut menyenangkan dan memuaskan bagi peserta training. Namun ada juga yang merasa pelatihan tersebut kurang memuaskan, sedangkan yang lainnya merasa bahwa pelatihan tersebut tidak memuaskan. Berdasarkan hasil angket dari aspek kognitif, yaitu sebagian besar peserta training dapat dikatakan 65% peserta pelatihan rata rata sebagian besar dapat menjawab angket yang diberikan dengan benar. Hasil dari menganalisis data dari aspek afektif yaitu dapat diperoleh bahwa pelatihan tersebut diperoleh data dari sebagian peserta pelatihan bahwa pelatihan tersebut kurang memuaskan, sedangkan peserta lainnya menyatakan bahwa pelatihan tersebut sangat memuaskan dan memuaskan. date: 2015 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: EVIWULANSARI, EVIWULANSARI (2015) APORAN KEGIATAN PPL LOKASI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/34838/1/DEVI%20WULANSARI%20%2812110241043%29.pdf