eprintid: 34833 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/48/33 datestamp: 2016-06-16 02:08:01 lastmod: 2019-10-01 11:53:23 status_changed: 2016-06-16 02:08:01 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Vina Perwitasari, Vina Perwitasari title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA N 4 MAGELANG MAGELANG JAWA TENGAH ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Mahasiswa, PPL, Praktik mengajar abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu proses pembelajaran mahasiswa calon guru yang sangat strategis untuk melengkapi kompetensi dalam mengajar yang bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan sangat bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus agar dikembangkan oleh mahasiswa disekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya bukan hanya untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik dan pengajar yang professional tetapi juga bagus dalam bergaul dengan masyarakat yang ada di lingkungan sekolah. Dalam rangkaian kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 4 Magelang terdapat berbagai macam kegiatan dimulai dari kegiatan observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, persiapan materi, penyusunan perangkat pembelajaran, kegiatan praktik mengajar dikelas dan administrasi sekolah seperti pengisian Buku Induk Siswa, Pengelolaan Perpustakaan, Pengelolaan Guru Piket. Kegiatan praktik mengajar di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015. Praktikan mengajar mata pelajaran Sosiologi kelas X-4, X-8 dan X-10. Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar sebanyak 7 pertemuan. Selama melaksanakan pembelajaran tidak ditemui suatu kendala yang berat, semuanya masih bisa dikendalikan sesuai dengan rencana awal. Selain itu mahasiswa juga selalu dipantau dan dibimbing dalam membuat perangkat/administrasi untuk mengajar serta selalu mengadakan evaluasi setelah selesai melakukan pembelajaran. date: 2015 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Vina Perwitasari, Vina Perwitasari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA N 4 MAGELANG MAGELANG JAWA TENGAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/34833/1/Vina%20Perwitasari%20%2812413244020%29.pdf