eprintid: 34799 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1278 dir: disk0/00/03/47/99 datestamp: 2016-06-16 00:53:12 lastmod: 2019-01-30 09:39:29 status_changed: 2016-06-16 00:53:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dewi, Shinta Ihtamma title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN GODEAN DALAM PEMBELAJARAN TIK ispublished: pub subjects: G4 divisions: ft_jurdik_elka_pend_informatika full_text_status: public abstract: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN GODEAN DALAM PEMBELAJARAN TIK Oleh : Shinta Ihtamma Dewi NIM 10520244006 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran CTL dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran CTL jenis Snowball Throwing pada materi TIK kelas VII kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII MTs N Godean sebanyak 144 siswa. Sampel penelitian adalah sebanyak 31 siswa Kelas VII C ditentukan secara acak. Data penelitian dieroleh melalui hasil tes baik tes pratindakan maupun tes evaluasi. Selain itu data juga diperoleh dari lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) penerapan model pembelajaran CTL jenis snowball throwing memberikan peningkatan terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Diterapkannya model pembelajaran tersebut siswa menjadi lebih fokus dan tertarik pada setiap proses pembelajaran dan (2) dari hasil tes evaluasi siklus I dan siklus II dapat dilihat bahwa nilai rata-rata siswa meningkat. Nilai rata-rata tes evaluasi siklus I adalah 79,57 sedangkan siklus II yaitu 82,74. Hal tersebut cukup untuk membuktikan bahwa model pembelajaran yang diterapkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa cenderung meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran CTL jenis snowball throwing. Model pembelajaran yang bervariasi dapat mempengaruhi daya tangkap siswa terhadap materi. Daya tangkap siswa dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci : model pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, aktivitas, dan hasil belajar. date: 2016-06-16 date_type: published institution: UNY department: Fakultas Teknik thesis_type: skripsi citation: Dewi, Shinta Ihtamma (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN GODEAN DALAM PEMBELAJARAN TIK. S1 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/34799/1/Shinta%20Ihtamma%20Dewi%2010520244006.pdf